PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSI PESERTA DIDIK DI MA MA’ARIF NU CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

FITRI MAESAROH, NIM. 1423301049 (2018) PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSI PESERTA DIDIK DI MA MA’ARIF NU CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER _BAB I_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSI PESERTA DIDIK DI MI MA'ARIF NU CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif dalam upaya menghadapi tantangan dan perkembangan zaman yang semakin tajam. Untuk menyeimbangkan pendidikan maka selain dibutuhkan kecerdasan kognitif maka dibutuhkan pula kecerdasan emosi yang memiliki keterkaitan yang sangat tinggi demi menunjang kesuksesan seseorang. Penelitian ini membahas upaya dalam mengembangakan kecerdasan emosi peserta didik di MA Ma‟arif NU Cilongok Kabupaten Banyumas. Pertanyaan penelitian yang ingin dijawab peneliti adalah : 1) Bagaimana pandangan guru mengenai kecerdasan emosi 2) Aspek keerdasan emosi apa saja yang dikembangkan di MA Ma‟arif NU Cilongok Kabupaten Banyumas. 3) Bagaimana pengembangan aspek kecerdasan emosi peserta didik di MA Ma‟arif NU Cilongok. 4) Bagaimana dampak dari pengembangan kecerdasan emosi peserta didik di MA Ma‟arif NU Cilongok. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adapun Pengembangan Kecerdasan Emosi Peserta Didik di MA Ma‟arif NU Cilongok Kabupaten Banyumas, Guru telah memahami pentingnya kecerdasan emosi dalam dunia pendidikan. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengenali dan memahami emosi peserta didik dilakukan melalui berbagai cara yang secara bersamaan telah mengembangkan unsur-unsur kecerdasan emosi yang meliputi kesadaran diri, motivasi diri, pengaturan diri, empati, dan kecakapan dalam membina hubungan dengan orang lain. Metode pengembangan kecerdasan emosi peserta didik yang dilakukan guru yaitu menggunakan metode hiwar (percakapan), mendidik dengan kisah-kisah Qur‟an dan Nabawi dan mendidik dengan pembiasaan diri dan pengalaman. Hasil dari upaya pengembangan kecerdasan emosi peserta didik, adalah bahwa peserta didik sudah mampu mengelola emosinya dengan baik, mampu memotivasi dirinya dan mampu berhubungan baik dengan orang lain akan tetapi masih ada sebagian peserta didik yang kurang disiplin, memiliki rasa takut,cemas dan khawatir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kecerdasan Emosi Peserta Didik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 03 Aug 2018 00:09
Last Modified: 03 Aug 2018 00:09
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4068

Actions (login required)

View Item View Item