PENERAPAN METODE TIKRAR PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN SANTRI MUSTAWA AWWAL PONDOK PESANTREN MODERN DARUL QUR’AN AL-KARIM BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

DWI IKA MU’MINATUN, NIM. 1423301006 (2018) PENERAPAN METODE TIKRAR PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN SANTRI MUSTAWA AWWAL PONDOK PESANTREN MODERN DARUL QUR’AN AL-KARIM BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text
DWI IKA MU’MINATUN_DWI IKA MU’MINATUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode tikrar pada pembelajaran tahfidzul Qur’an adalah cara yang digunakan untuk menghafal Al-Qur’an dengan cara mengulang hafalan yang akan dihafal dan mengulang hafalan yang telah dihafal sehingga hafalan Al-Qur’an dapat terjaga. Skripsi ini dilatar belakangi dengan adanya penerapan metode tikrar yang digunakan pada pembelajaran tahfidzul Qur’an santri mustawa awwal di pondok pesantren modern Darul Qur’an Al-Karim Baturraden Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode tikrar pada pembelajaran tahfidzul Qur’an yang digunakan di pondok pesantren modern Darul Qur’an Al-Karim Baturraden Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penerapan metode tikrar pada pembelajaran tahfidzul Qur’an. Sedangkan subjek penelitiannya adalah santri mustawa awwal dan guru tahfidz pondok pesantren modern Darul Qur’an AlKarim Baturraden Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan metode tikrar yang diterapkan pada pembelajaran tahfidzul Qur’an santri mustawa awwal pondok pesantren modern Darul Qur’an Al-Karim Baturraden Kabupaten Banyumas ini digunakan untuk membuat hafalan baru dan pengulangan pada hafalan yang sudah dimiliki (muraja’ah) agar hafalan melekat dalam ingatan dan mutqin (lancar). Santri menyetorkan hafalan satu tikrar atau ¼ halaman pada tiap pertemuan kepada guru tahfidz. Setoran sebanyak satu tikrar ini dilakukan terus menerus oleh santri selama tiga bulan. Kemudian pada bulan selanjutnya hafalan santri mustawa awwal dinaikkan lagi menjadi dua tikrar dan seterusnya dengan melihat kemampuan menghafal santri mustawa awwal. Strategi menghafal dengan tikrar yang digunakan yaitu strategi pengulangan ganda, tidak beralih pada ayat selanjutnya, menggunakan penanda tikrar, menggunakan satu jenis mushaf, memperhatikan ayat yang serupa, dan disetorkan kepada pengampu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Tikrar, Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 02 Aug 2018 09:58
Last Modified: 02 Aug 2018 09:58
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item