HUBUNGAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MI NEGERI 1 BANYUMAS

NUR SAFITRI, NIM. 1423305118 (2018) HUBUNGAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MI NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
NUR SAFITRI_HUBUNGAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keterkaitan peneliti untuk membuktikan apakah terdapat hubungan antara model evaluasi pembelajaran dengan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa model evaluasi pembelajaran memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa. Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya hasil belajar siswa yang berbeda ketika menggunakan model evaluasi yang berbeda pula walaupun materi yang diujikannya masih sama. Hal tersebut yang mendorong penulis untuk melanjutkan penelitian tentang hubungan model evaluasi dengan hasil belajar siswa. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu model evaluasi pembelajaran sebagai variabel X dengan subvarial yaitu model evaluasi pilihan ganda (X1), model evaluasi esay (X2), model evaluasi uraian (X3) dan hasil belajar siswa sebagai variabel Y. Metode-metode yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data penelitian yaitu metode survei dengan teknik analisis regresi linier sederhana dengan tujuan untuk mencari hubungan atau pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Adapun pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, yaitu penelitian yang mendasarkan pada pertimbangan angka-angka atau statistik dari suatu variabel untuk dapat dikaji secara terpisah dan kemudian dihubungkan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa ketiga model evaluasi pembelajaran, yaitu model evaluasi pilihan ganda, model evaluasi esay, dan model evaluasi uraian masing-masing memiliki hubungan yang erat dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III. Data tersebut merupakan hasil kesimpulan berdasarkan analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan ditandai dengan adanya nilai R Square. Nilai R Square pada pilihan ganda sebesar 67,5%, esay sebesar 74,3%, dan uraian sebesar 74,9%. Diantara ketiga model evaluasi yang diujikan oleh peneliti, model evaluasi uraian yang memiliki hubungan paling erat dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III MI Negeri 1 Banyumas apabila dibandingkan dengan model evalausi pilihan ganda dan esay.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Evaluasi, Hasil Belajar, dan Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 31 Jul 2018 00:45
Last Modified: 31 Jul 2018 00:45
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4031

Actions (login required)

View Item View Item