PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

PUTRI FAJAR KURNIAWATI, NIM. 1323305035 (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (914kB) | Preview
[img] Text
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI MIDIPONEGORO KECAMATAN PU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Aktivitas belajar siswa merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika. Selain itu, model pembelajaran guru yang digunakan untuk mengajar juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika. Kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru juga dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika. Dari berbagai faktor yang telah disebutkan, Motivasi menjadi salah satu faktor yang berkontribusi cukup besar dalam mempengaruhi prestasi belajar matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika di MI Diponegoro 03 Karangklesem? dan seberapa besar pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di MI Diponegoro 03 Karangklesem? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Lokasi dilakukannya penelitian yaitu di MI Diponegoro 03 Karangklesem. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 37 siswa dengan rincian 20 siswa kelas IV dan 17 siswa Kelas V. Variabel independen dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa (X) sedangkan variabel dependennya adalah prestasi belajar matematika (Y). Metode yang digunakan untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode angket dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket dan tes (soal matematika pilihan ganda). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji regresi linear sederhana yang berfungsi untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di MI Diponegoro 03 Karangklesem. Hal ini dibuktikan dari hasil uji regresi diperoleh hasil nilai t hitung sebesar 3,090 dengan tingkat signifikansi 0,004 lebih kecil dari 0,05. Motivasi belajar siswa di MI Diponegoro 03 Karangklesem menunjukkan nilai presentase sebesar 75,12%, berada pada kategori tinggi. 2) Besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika adalah 21,4% sedangkan sisanya 78,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar yang diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, prestasi belajar dan matematika.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 27 Jul 2018 00:24
Last Modified: 27 Jul 2018 00:24
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4003

Actions (login required)

View Item View Item