PENGEMBANGAN KECERDASAN BAHASA PADA ANAK– ANAK MELALUI PERMAINAN KREATIF DI RUMAH KREATIF WADAS KELIR PURWOKERTO

Titi, Anisatul Laely (2016) PENGEMBANGAN KECERDASAN BAHASA PADA ANAK– ANAK MELALUI PERMAINAN KREATIF DI RUMAH KREATIF WADAS KELIR PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP TITI ANISATUL LAELY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap anak sudah memiliki kecerdasan sejak lahir. Kecerdasan inilah yang nantinya menyelesaikan persoalan dalam setiap aktivitas yang dilakukan olehnya. Dengan melalui intellegence, anak mampu berkreasi, memodifikasi, dan berinovasi. Kata pertama manusia ditemukannya hubungan antara apa yang diamati dengan makna ucapan kata tersebut yang terkait. Ucapan yang diperantarai melalui bahasa menjadi komunikasi antar manusia. Untuk itu, sudah menjadi tanggung jawab bagi guru, orangtua, dan masyarakat untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan bahasa pada anak. Salah satunya melalui permainan kreatif. Permainan kreatif sebagai sarana yang menyenangkan dalam bermain dan belajar akan menyajikan persoalan yang harus diselesaikan oleh anak-anak dengan suasana yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pengembangan kecerdasan bahasa pada anak-anak melalui permainan kreatif di Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti mengikuti aktivitas pengembangan kecerdasan bahasa yang dilakukan di lapangan untuk memeroleh data dan informasi terkait penelitian yang dilakukan. Dalam penelitian ini yang dijadikan subjek penelitian adalah pimpinan Rumah Kreatif Wadas Kelir (RKWK), relawan (pengajar) dan anak-anak RKWK.Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan proses yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan kecerdasan bahasa pada anak-anak melalui permainan kreatif di Rumah Kreatif Wadas Kelir (RKWK) dilakukan melalui permainan kreatif bahasa yang di dalamnya mengembangkan kreativitas anak. Ada tiga permainan kreatif bahasa yang digunakan, yaitu permainan kata, permainan kalimat, dan permainan wacana. Dari model permainan kreatif bahasa inilah anak-anak dapat mencipta dan memainkan bahasa dalam menghasilkan karya. Mulai dari karya puisi, cerita pendek, cerita pengalaman, pantun, dongeng, berita dan keterampilan berbahasa lainnya. Dari karya yang telah dihasilkan dari permainan kreatif bahasa telah terbukti melalui prestasi anak-anak dalam bidang bahasa mulai dari tingkat lokal hingga nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Bahasa, Anak-anak, Permainan Kreatif, Rumah Kreatif Wadas Kelir (RKWK).
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 30 Jun 2016 01:23
Last Modified: 30 Jun 2016 01:24
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item