MEKANISME PENGENDALIAN RISIKO PEMBIAYAAN INVESTASI MURABAHAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU TEMANGGUNG

Siti, Nurjairah (2016) MEKANISME PENGENDALIAN RISIKO PEMBIAYAAN INVESTASI MURABAHAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU TEMANGGUNG. Diploma thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
Siti Nurjairah_Mekanisme Pengendalian Risiko Pembiayaan Investasi Murabahah Di Bank Syariah Man.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengendalian risiko pembiayaan merupakan salah satu bagian dari proses manajemen risiko pembiayaan. Tujuan utama dilaksanakannya pengendalian risiko pembiayaan adalah untuk meminimalisir terjadinya risiko pembiayaan pada bank syariah yang dapat mengganggu dan membahayakan kondisi keuangan bank. Sebagai salah satu bank yang memiliki kepercayaan cukup besar dari nasabahnya, Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Temanggung juga menerapkan pengendalian risiko terhadap pembiayaan yang disalurkan kepada nasabahnya sebagai salah satu penerapan prudential principle. Salah satu pembiayaan yang disalurkan adalah pembiayaan investasi murabahah. Pembiayaan investasi mura>bahah adalah pembiayaan jangka menengah atau jangka panjang untuk pembelian barang-barang modal yang diperlukan untuk pendirian proyek baru, rehabilitasi, modernisasi, ekspansi, maupun relokasi proyek yang sudah ada dengan menggunakan akad jual beli/murabahah. Karena dinilai pembiayaan murabahah khususnya memiliki risiko yang cukup perlu diantisipasi.Oleh karena itu, peneliti mengambil judul “Mekanisme Pengendalian risiko Pembiayaan Investasi Mura>bahah di Bank syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Temanggung” , dengan maksud dan tujuan untuk mengetahui mekanisme pengendalian risiko pembiayaan investasi murabahah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi langsung kepada kepala cabang pembantu dan karyawan BSM KCP temanggung. Setelah data terkumpul, data diolah dan disajikan. Dan untuk mengecek keabsahannya digunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme pengendalian risiko pembiayaan investasi Mura>bahah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Temanggung telah dilaksanakan dengan baik. Dibuktikan dengan pencapaian target diakhir tahun 2015 yang sangat baik di kolom pembiayaan atau lending/financing dengan hasil prestasi hingga 200% dan NPF 0%. Pengendalian risiko pembiayaan yang diterapkan di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu temanggung berpedoman pada kebijakan manajemen pusat yaitu penerapan prinsip kehati-hatian dalam proses pembiayaan, dan juga analisa pembiayaan sampai dengan penanganan pembiayaan bermasalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Jun 2016 06:08
Last Modified: 29 Jun 2016 06:08
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item