EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELAS IV DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KROYA KABUPATEN CILACAP

NURAINI DEWI AGUSTINA, NIM.1423305119 (2018) EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELAS IV DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text
NURAINI DEWI AGUSTINA_EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELAS IV DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KROYA KABUPATEN CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)

Abstract

Evaluasi pendidikan karakter merupakan suatu proses untuk menilai kepemilikan suatu karakter oleh peserta didik yang dilakukan secara terencana, sistematis, sistemik dan terarah pada tujuan yang jelas. Pendidikan karakter merupakan sistem pendidikan, sehingga dalam proses pelaksanaannya memerlukan tinjauan ulang untuk melihat proses program tersebut dilaksanakan, apa-apa yang telah dicapai, bagaimana kuantitas dan kualitas keluarannya, apakah sasaran yang diinginkan telah tercapai dan lain-lain. Namun hal ini sering dilupakan oleh lembaga pendidikan yang telah melaksanakan program pendidikan karakter. Sehingga persoalan yang peneliti kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter di SD Islam Plus Masyithoh Kroya Kabupaten Cilacap? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu variabel, keadaan atau gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Serta dalam pengumpulan data dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Dalam penelitian ini peneliti menggambarkan mengenai evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter di SD Islam Plus Masyithoh Kroya Kabupaten Cilacap. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa SD Islam Plus Masyithoh Kroya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data, peneliti menggunakan teori Miles dan Humberman yaitu mulai dari reduksi data (data reduction), penyajian data ( data display), dan penarikan kesimpulan/ verifikasi ( conclution drawing/verification). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter di SD Islam Plus Masyithoh Kroya dilakukan dengan berbagai alat dan teknik evaluasi. Yaitu dengan cara melalui pengamatan kegiatan sehari-hari, catatan anecdotal, tugas-tugas dan laporan kegiatan. Proses evaluasi melibatkan seluruh elemen sekolah dan rumah yaitu peserta didik itu sendiri, temantemannya, guru (kepala sekolah dan guru lainnya), pustakawan, laboran, tenaga administrasi, penjaga sekolah dan teknisi lainnya serta orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pendidikan, Pendidikan Karakter, SD Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 24 Jul 2018 00:03
Last Modified: 24 Jul 2018 00:03
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3885

Actions (login required)

View Item View Item