PENGARUH INTERAKSI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI SALAFIYAH CIPARI KECAMATAN CIPARI KABUPATEN CILACAP

ANIS MUSAROFAH, NIM. 1423305136 (2018) PENGARUH INTERAKSI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI SALAFIYAH CIPARI KECAMATAN CIPARI KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN BAB I,BABA 5, DAFTTAR PUSTAKA.pdf

Download (871kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI ANIS MUSAROFAH fik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pentingnya peran keluarga dalam mendidik seorang anak, khususnya dalam hal interaksi. Dalam kegiatan interaksi, ada komunikasi yang dilakukan antara orang tua dan anak yang diharapkan dapat membantu anak untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh interaksi keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Cipari Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh interaksi keluarga terhadap prestasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruh tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitiannya adalah interaksi yang terjadi di dalam keluarga sari siswa MI Salafiyah Cipari. Sampel penelitian ini adalalah 83 siswa dari kelas IV A, IV B dan VA, VB. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedang teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MI Salafiyah Cipari Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Besar pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai R square yang diperoleh yaitu 0,266. Artinya, pengaruh variabel X (interaksi keluarga) terhadap variabel Y (prestasi belajar) adalah sesesar 26,6%. Dari persamaan regresi juga diperlihatkan besarnya Y= 52,096 + 0,638X, artinya jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel X atau X= 0, maka nilai variabel Y adalah 52,096. Koefisien regresi sebesar 0,638 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena tanda +) satu nilai pada variabel X (interaksi keluarga) akan memberikan kenaikan pada variabel Y (prestasi belajar) sebesar 0,638.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Keluarga, Prestasi Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 23 Jul 2018 00:22
Last Modified: 23 Jul 2018 00:22
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3880

Actions (login required)

View Item View Item