IMPLEMENTASI MEMBACA AL-QUR‟AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIRA'ATI DI SD ISLAM BUSTANU USYSYAQIL QUR'AN LESMANA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

AAH RACHMAWATI, 1423301258 (2018) IMPLEMENTASI MEMBACA AL-QUR‟AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIRA'ATI DI SD ISLAM BUSTANU USYSYAQIL QUR'AN LESMANA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AAH RACHMAWATI_IMPLEMENTASI MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIRA’ATI DI SD ISLAM BUST.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

Belajar membaca Al-Qur’an akan lebih mudah apabila belajar melalui metode. Banyak masyarakat sekarang tidak memperhatikan tentang cara belajar membaca Al-Qur’an dengan benar.salah satu metode membaca Al-Qur’an yaitu metode Qira’ati dapat membantu yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar menjadi dapat memahami dan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Rasulullah SAW bersabda “Bacalah Al-Qur’an karena ia akan datang pada hari Qiamat sebagai pembela bagi orang yang mempelajari dan menantinya”. (H.R Muslim). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Membaca Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Qira’ati di SD Islam Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Penelitian ini digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan dan menjawab persoalan-persoalan suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi saat ini baik tentang fenomena dalam variabel tunggal maupun korelasi atau pembanding berbagai variabel. Jenis metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Objek penelitan dalam penelitian ini adalah metode Qira’ati dan subjek penelitian yaitu kepala SD Islam Lesmana, guru dan peserta didik SD Islam Lesmana. Ada berbagai macam metode dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an, metode yang digunakan dalam pembiasaan pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD Islam yaitu metode Qira’ati. Setelah dilakukan penelitian di SD Islam Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an Lesmana dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan membaca Al-Qur’an dengan metode Qira’ati di SD Islam Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an Lesmana sudah baik sudah terlihat setiap hari sebelum pembelajaran formal dimulai di laksanakannya membaca Al-Qur’an dengan metode Qira’ati dari pukul 07.00 sampai 09.00 WIB

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Qira‟ati dan pembelajaran membaca Al-Qur‟an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 18 Jul 2018 02:22
Last Modified: 18 Jul 2018 02:22
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3848

Actions (login required)

View Item View Item