PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V DI SD AL-IRSYAD 01 PURWOKERTO

Lu’lu, UlJanah (2016) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V DI SD AL-IRSYAD 01 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LU'LU UL JANNAH_PENERAPAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V DI SD AL.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hal yang menarik dari penelitian ini adalah pada setingkat sekolah dasar memiliki guru mata pelajaran bahasa Inggris. Sehingga guru tersebut lebih focus dalam melakukan proses pembelajaran dan menghadirkan media yang baik seperti video. Dalam satu minggu mata pelajaran bahasa Inggris untuk kelas V hanya 3x35 menit untuk setiap kelasnya dengan menggunakan media audio-visual video, namun mampu menghasilkan nilai evaluasi yang maksimal. Dari hal tersebut menjadi latarbelakang peneliti melakukan penelitian di SD Al-Irsyad 01 Purwokerto mengenai media audio-visual berupa video dalam pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media audio-visual pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas V di SD Al-Irsyad 01 Purwokerto. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yaitu suatu studi empiris dengan cara terjun langsung dilokasi penelitian terhadap fenomena-fenomena yang terjadi. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami kejadian yang dialami oleh subjek penelitian seperti perilaku dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode yaitu pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, proses pembelajaran bahasa Inggris dilakukan dengan media audiovisual berbentuk video.. Penggunaan media tersebut digunakan dengan berbagai pertimbangan seperti kemampuan sekolah, kompetensi guru, karakteristi ksiswa, tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran. Penggunaan media audiovisual juga dilakukan dengan beberapa langkah-langkah agar media tersebut berfungsi sebagaimana mestinya dan tujuan pembelajaran tercapai. Langkah-langkah yang dilakukanoleh guru dalam proses pembelajaran menggunakan media audio-visual adalah siswa berdoa, guru memberikan salam, muroja’ah bersama, guru mulai masuk kemateri, kemudian menggunakan media audio-visual berupa video, setelah penggunaan media berupa video guru memberikan latihan terhadap empat keterampilan yang perlu dikuasai dalam pembelajaran bahasaInggris, setelah itu guru memberikan kesimpulan terhadap materi yang diberikan, dan kegiatan akhirnya guru mengakhiri pelajaran dengan salam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, MATA PELAJARAN Bahasa Inggris, SD AL-IRSYAD 01 PURWOKERTO
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
400 Language > 420 English and Old English > 420.7 Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 28 Jun 2016 01:09
Last Modified: 28 Jun 2016 01:09
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item View Item