Implementasi Akad Muḍārabah Mutlaqāh pada Tabungan Impian di BRI Syari’ah KCP Ajibarang

ANITA, RAHMASARI (2016) Implementasi Akad Muḍārabah Mutlaqāh pada Tabungan Impian di BRI Syari’ah KCP Ajibarang. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text
Anita Rahmasari_Implementasi akad Mudrabah Mutlaqah Pada Tabungan Impian di BRI Syari’ah Kantor .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Munculnya berbagai produk baru di perbankan syari’ah tidak luput pula dari munculnya berbagai permasalahan baru, seperti dalam Implementasi Akad Muḍārabah Mutlaqāh pada Tabungan Impian di BRI Syari’ah KCP Ajibarang. Dalam implementasi atau penerapan akad Muḍārabah Mutlaqāh pada Tabungan Impian iB banyak sekali perbedaan dari teori yang didapat dengan praktiknya di dunia perbankan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akad Muḍārabah Mutlaqāh pada Tabungan Impian iB di BRI Syari’ah dari teori ke praktiknya. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah wawancara, dokumentasi dan observasi, dan menggunakan jenis penelitian kualitatif dimana pemahaman tidak ditemukan terlebih dahulu, tetapi dilakukan setelah melakukan analisis terhadap tenyataannya. Penulis berusaha menyajikan tentang penerapan akad Muḍārabah Mutlaqāh pada Tabungan Impian iB. Dari awal pembukaan rekening seperti perjanjian/negosisasi, persetujuan syarat dan ketentuan, pengisian data pribadi, dan setoran awal. Kemudian pengelolaan dana yang sepenuhnya dikelola oleh bank kemudian diputar atau disalurkan kepada pengelola dana (pihak ke-3) dan cara membagihasilkan antara bank dan nasabah, dan kemudian yang akan disesuaikan antara teori ke praktiknya. Berdasarkan Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No.2/DSN-MUI/IV/2000 tentang tabungan bahwa keperluan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan dalam penyimpanan kekayaan, pada masa kini, memerlukan jasa perbankan dan salah satu produk perbankan di bidang penghimpunan dana dari masyarakat yaitu tabungan. Kegiatan tabungan tidak semuanya dibenarkan oleh hukum islam (syari’ah), oleh karena itu DSN memandang perlu menetapkan fatwa tentang bentuk-bentuk mu’amalah syari’ah untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tabungan pada bank syari’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi akad Muḍorabah Mutlaqāh pada Tabungan
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 28 Jun 2016 01:00
Last Modified: 11 Aug 2016 04:27
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item