Strategi Pemasaran Produk Deposito Mudharabah Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Purwokerto

Dina Nur, Meldiana (2016) Strategi Pemasaran Produk Deposito Mudharabah Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Purwokerto. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
Dina Nur Meldiana_Strategi Pemasaran Produk Deposito Mudharabah Pada Bank Muamalat Indonesia Caba.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada era sekarang ini banyak tumbuh lembaga keuangan terutama perbankan syariah. Akan tetapi dengan pesatnya perkembangan bank syariah tidak sebanding dengan pengetahuan masyarakat Indonesia. Dengan hal itu maka akan terjadi kesenjangan diantaranya dimana tidak semua masyarakat Indonesia mengetahui produk dan jasa perbankan syariah. Mengingat masyarakat Indonesia adalah penduduknya mayoritas muslim sudah sepantasnya pengetahuan tentang perbankan syariah harus dikenalkan secara luas agar masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan keuangannya secara prinsip syariah. Oleh karena itu perlu adanya strategi pemasaran yang baik agar mendapatkan nasabah yang potensial. Bank Muamalat Indonesia adalah salah satu bank syariah yang mempelopori berdirinya bank-bank syariah di Indonesia. Bank Muamalat adalah bank yang pertama di Indonesia yang konsep operasionalnya menggunakan prinsip syariah. Merupakan suatu kebutuhan jika masyarakat Indonesia menggunakan layanan produk dan jasa perbankan syariah agar dana yang di dapat halal. Karena munculnya bank syariah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia maka Bank Muamalat Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta membuka kantor cabang lain yaitu di Purwokerto pada tanggal 24 Januari 2001. Deposito merupakan salah satu produk unggulan dengan akad mud{a>rabah, dimana dengan akad ini nasabah akan mendapatkan bagi hasil. Selain itu juga sebagai salah satu sarana investasi dengan bagi hasil yang kompetitif. Selain melakukan strategi pemasaran yang baik untuk mendapatkan nasabah yang potensial, strategi pemasaran juga dilakukan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif-analisis. Berdasarkan hasil penelitian, Bank Muamalat Indonesia Cabang Purwokerto dalam menentukan strategi pemasarannya adalah dengan menggunakan teori segmentasi pasar, target pasar dan posisi pasar baru kemudian menggunakan marketing mix.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Deposito Mudorabah, Bank Muamalat Indonesia Cabang Purwokerto
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 28 Jun 2016 00:56
Last Modified: 28 Jun 2016 00:56
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item