PENANAMAN NILAI-NILAI DISIPLIN PADA ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN AL-MAA’UUN KOBER KABUPATEN BANYUMAS

IING ILHAM KARUNIAWAN, 1323301027 (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI DISIPLIN PADA ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN AL-MAA’UUN KOBER KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (839kB) | Preview
[img] Text
IING ILHAM KARUNIAWAN_PENANAMAN NILAI-NILAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam rangka menghadapi era digital ini, manusia di dalam kehidupan sehari-hari dan juga kebiasaannya mengalami banyak perubahan yang sangat drastis. Hal ini mengakibatkan persaingan hidup yang semakin tajam. Namun yang harus kita sadari bahwa dalam ketrampilan penguasaan tekhnologi harus dikuasai dan tak lupa terkait keimanan harus selalu ditingkatkan. Dalam hal ini, panti asuhan Al-Maa’uun Kober Kabupaten Banyumas menerapkan penanaman nilai-nilai disiplin pada anak-anak yang supaya nantinya bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Pembina dan ketua panti asuhan menerapkan kebijakan terkait aturan tentang pentingnya disiplin di dalam panti asuhan tersebut. Ustadz atau Ustadzah dan penjaga pannti selalu membimbing dan juga mencontohkan sikap disiplin apa saja, dari disiplin waktu, disiplin ibadah, disiplin menegakan aturan dan disiplin dalam bersikap. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai-nilai disiplin pada anak-anak di panti asuhan Al-Maa’uun Kober Kabupaten Banyumas? Peneliti dalam skripsi ini meruapakan penelitian lapangan (field research). Dengan jenis penelitian kualitatif, penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data bersifat deskriptif analitik yang berarti interprestasi terhadap isi dibuat dan disusun secara sistematik/menyeluruh dan sistematis. Hasil dari penelitian menggambarkan penanaman nilai-nilai disiplin yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan didukung dengan adanya kegiatan-kegiatan keagamaan di dalam panti asuhan. Proses penanaman nilai-nilai disiplin dilakukan dengan cara kegiatan yang ada di panti asuhan dan juga dengan melakukan management shalat lima waktu. Peran pembina, ketua, Ustadz atau Ustadzah, penjaga panti dan oran tua atau wali sangatlah penting dalam melaksanakan penanaman nilai-nilai disiplin tersebut. Dengan demikian proses penanaman nilai-nilai disiplin pada anak-anak bisa terwujud secara maksimal dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai-nilai Disiplin Pada Anak-anak
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.343 Majelis Ta'lim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Apr 2018 11:29
Last Modified: 26 Apr 2018 11:29
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3747

Actions (login required)

View Item View Item