IMPLEMENTASI MANAJEMEN RESIKO PEMBIAYAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFITABILITAS( Studi Kasus pada BPRS Khasanah Ummat Purwokerto )

Fina, Dairotun Imanah and Susi, Riyantika and Umi, Sudarsih (2015) IMPLEMENTASI MANAJEMEN RESIKO PEMBIAYAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFITABILITAS( Studi Kasus pada BPRS Khasanah Ummat Purwokerto ). Laporan Penelitian. IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FIna_IMPLEMENTASI MANAJEMEN RESIKO PEMBIAYAAN.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Perbankan Syariah termasuk juga Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dalam lima tahun terakhir hingga 2012 mengalami pertumbuhan yang signifikan. Meskipun, akhir-akhir periode ini tidak mengalami pertumbuhan yang begitu pesat seperti periode sebelumnya, namun dari segi pembiayaan yang dikucurkan kepada masyarakat selalu meningkat. Bersumber dari Statistik Perbankan Syariah pembiayaan yang diberikan BPRS untuk Periode Maret 2015 mencapai Rp. 5,216 Triliyun yaitu tumbuh sebesar 13% dari pembiayaan periode Maret tahun sebelumnya yang berjumlah Rp. 4,635 Triliyun. Seiring dengan meningkatnya jumlah pembiayaan yang diberikan Bank, maka berbagai risiko kaitannya dengan pembiayaan muncul. Penelitian ini diadakan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen risiko pembiayaan dalam upaya meningkatkan profitabilitas. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi manajemen risiko pembiayaan pada BPRS Khasanah Ummat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Implementasi Manajemen Risko Pembiayaan di BPRS Khasanah Ummat pada hakikatnya sudah di mulai jauh sebelum prosedur awal pembiayaan yaitu meliputi pemasaran pembiayaan, prosedur pemberian pembiayaan, pengawasan pembiayaan, pengelolaan pembiayaan bermasalah dan penyelesaian pembiayaan bermasalah.Implementasi manajemen risiko pembiayaan yang sesuai dengan koridor yang telah ditetapkan dapat efekif meningkatkan profitabilitas Bank

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas Bank, Manejemen Risiko Pembiayaan Bank Islam,
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:44
Last Modified: 10 Aug 2016 08:43
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item