STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (STUDI KASUS PADA UD. GENTENG PRES SUPER SOKA MASINAL DESA PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS) Iqbal Fauzi NIM. I323205014

Iqbal Fauzi, I323205014 (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (STUDI KASUS PADA UD. GENTENG PRES SUPER SOKA MASINAL DESA PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS) Iqbal Fauzi NIM. I323205014. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_ABSTRAK_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
IQBAL FAUZI_STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan yang sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil – hasil pembangunan. Untuk menjamin supaya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat berkembang dengan baik, maka pengembangan (UMKM) perlu di dahului oleh perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya strategi pengembangan yang dilakukan perusahaan. Salah satu strategi yang bisa digunakan ialah melalui strategi pemasaran. Kerajinan Genteng UD. Genteng Pres Super Soka Masinal Desa Pancasan Banyumas merupakan salah satu pengusaha yang berdiri dari tahun 1970 untuk mengembangkan usahanya agar dapat membantu pertumbuhan ekonomi maka perlu adanya strategi pengembangan yang tepat untuk meningkatkan pembangunan di masyarakat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisisnya, penulis menggunakan metode analisis SWOT yaitu metode analisis data yang menunjukkan pengembangan usaha dapat ditentukan oleh kombinasi faktor eksternal dan internal yakni faktor kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan oleh pengusaha dalam pengembangan usaha dan kendala apa saja yang dihadapi oleh pengusaha Kerajinan Genteng UD. Genteng Pres Super Soka Masinal dalam mengembangkan usaha agar dapat meningkatkan usahanya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat di sampaikan bahwa strategi pengembangan yang dilakukan oleh pengusaha Kerajinan Genteng UD. Genteng Pres Super Soka Masinal Desa Pancasan Banyumas yaitu Meningkatkan Pasar yang Lebih Luas, Menjaga Kualitas Produk, Memberikan Pelatihan Kepada pekerja, Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan. Menetapkan Harga. Sedangkan hasil analisis SWOT yang penulis teliti dari berbagai kendala maka penulis meminimalisir dari masalah yang ada yaitu dengan mengunakan Strategi SO, Strategi ST, Strategi WO, Strategi WT. Dari strategi itu maka penulis berharap akan bisa membantu dalam mengembangkan usahanya Pada pengusaha Kerajinan Genteng UD. Genteng Pres Super Soka Masinal Desa Pancasan Banyumas. Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM).
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Mar 2018 07:42
Last Modified: 09 Mar 2018 07:42
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3636

Actions (login required)

View Item View Item