SINERGI YAYASAN DENGAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MA PP AL-FATAH KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP

Nur Ahadi Romadhon, 102333027 (2018) SINERGI YAYASAN DENGAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MA PP AL-FATAH KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
NUR HADI ROMADHON_SINERGI YAYASAN DENGAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MA PP AL-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)

Abstract

Kepala sekolah yang baik merupakan salah satu kunci antara kepala sekolah dengan pihak yayasan secara efektif, karena harus menaruh perhatian tentang apa yang terjadi pada peserta didik di sekolah dan misi sekolah. Kepala sekolah dituntut untuk senantiasa membina dan meningkatkan hubungan kerja sama yang baik dengan pihak yayasan guna mewujudkan sekolah yang efektif dan efisien. Program sekolah tentunya tidak dapat berjalan lancar apabila tidak ada dukungan dari sebuah yayasan. Diantaranya program sekoah yang paling penting adalah menghasilkan kelulusan yang berkualitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dalam mengumpulkan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitian. Pendekatan penelitian yang penulis lakukan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan sinergi usaha yayasan dengan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru. Tempat penelitian dilakukan di MA PP Al-Fatah Maos. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif untuk mendeskripsikan suatu situasi yang bersifat faktual dan akurat. Hasil penelitian menunjukan bahwa sinergi yayasan dengan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu gabungan suatu pendapat yang berbeda, saling mengisi dan melengkapi satu sama lain. Sebagai kepala sekolah harus bertanggung jawab dalam segala hal, diantaranya menjalin komunikasi yang baik dengan pihak yayasan, melibatkan yayasan dalam mengenai permasalahan lembaga, dan mengadakan musyawarah secara periode dalam laporan perkembangan lembaga. Selain dengan pihak yayasan kepala sekolah juga menjalin komunikasi yang baik dengan guru dan karyawan lainnya, dengan cara melibatkan guru untuk memberikan masukan dalam memajukan Yayasan, melakukan pembinaan guru melalui rapat bulanan, dan mengadakan kunjungan silaturahmi. Sehingga proses peningkatan kinerja guru menjadi lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Sinergi yayasan, kepala sekolah, kinerja guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Feb 2018 08:11
Last Modified: 22 Feb 2018 08:11
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3596

Actions (login required)

View Item View Item