PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS I’DAD DI MA DARUNNAJAT PRUWATAN BUMIAYU BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011

M Najib, 042632014 (2011) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS I’DAD DI MA DARUNNAJAT PRUWATAN BUMIAYU BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
M. Najib_PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS I’DAD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dari penyajian dan analisis data yang peneliti lakukan tentang pembelajaran bahasa Arab pada kelas I’dad di MA Darunnajat, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran bahasa Arab di kelas I’dad dilakukan secara terpisah dan kesatuan. Secara terpisah meliputi 5 bidang studi khusus bahasa Arab, yakni: Imla’, Khot, Muthala’ah, Mahfuzhot, dan Al-Insya’. Dan secara kesatuan yang terdapat pada bidang studi bahasa Arab yang memadukan semua unsur bahasa Arab termasuk nahwu dan sharaf. Kedua model pembelajaran bahasa Arab tersebut disampaikan dengan metode pengajaran sesuai dengan masing-masing bidang studi yakni: metode mengajarkan imla’, metode mengajarkan khot, metode mengajarkan muthala’ah, metode mengajarkan mahfudzot dan metode mengajarkan insya’, serta metode langsung untuk pembelajaran bahasa Arab secara terpadu. Yang semuanya itu bertujuan agar siswa dapat berbahasa secara aktif dalam bahasa tulis maupun pasif sesuai dengan standar kompetensi berbahasa Arab yang di pelajari siswa MTs Darunnajat. Media pembelajaran bahasa Arab yang digunakan kelas i’dad adalah papan tulis, buku panduan, benda-benda yang ada disekelilingnya, dan bukusilabus KMI. Walau medianya masih sederhana akan tetapi mutu dari 79 pembelajaran bahasa Arab di kelas i’dad tidak kalah jika dibandingkan dengan MA lainnya yang lebih maju. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan teknik tes, baik tes tertulis, lisan maupun perbuatan pada bentuk ulangan harian dan ujian akhir semester yang meliputi 4 keterampilan berbahasa, baik keterampilan mendengar, menulis, membaca, maupun berbicara bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:38
Last Modified: 27 Jun 2016 03:38
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item View Item