IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 5 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Teguh Saputra, NIM. 1323308049 (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 5 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text
TEGUH SAPUTRA_IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Implementasi Kurikulum 2013 merupakan aktualisasi kurikulum dalam pembelajaran dan pembentukan kompetensi serta karakter peserta didik. Tema Kurikulum 2013 adalah menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, afektif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam implementasi kurikulum, guru dituntut untuk secara profesional merancang pembelajaran efektif dan bermakna (menyenangkan), mengorganisasikan pembelajaran, memilih pendekatan pembelajaran yang tepat, menentukan prosedur pembelajaran dan pembentukan kompetensi secara efektif, serta menetapkan kriteria keberhasilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang dilihat dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian di SMA Negeri 5 Purwokerto. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, kemudian penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Kurikulum 2013, sudah diterapkan di SMA Negeri 5 Purwokerto dan pelaksanaan pembelajarannya berjalan dengan optimal, dan keberhasilannya ditentukan oleh kemampuan masing-masing guru. Dalam pembelajarannya, guru sudah melakukan tahap-tahap yang diantaranya perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 23 Apr 2018 08:01
Last Modified: 23 Apr 2018 08:01
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3562

Actions (login required)

View Item View Item