IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PANEMBANGAN KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016”

Nuraeni, Dian Lestari (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PANEMBANGAN KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016”. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_Daftar isi_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
NURAENI DIAN LESTARI_IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Fiqih adalah aktualisasi kurikulum dalam pembelajaran dan pembentukan kompetensi serta karakter siswa terutama pada proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum, atau prinsip yang ditemukan; dan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan mulai dari masukan (input), proses, sampai keluaran (output) pada mata pelajaran yang mempelajari tentang materi ketentuan zakat, infak, shodaqoh, shalat Idain, dan shalat Jum’at. Fokus dalam penelitian ini adalah “Bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fiqih di kelas IV MI Muhammadiyah Panembangan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016?” Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: (1) Metode Observasi, untuk memperoleh gambaran tentang implementasi pendekatan saintifik dan penilaian autentik, (2) Metode Wawancara, untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan implementasi pendekatan saintifik dan penilaian autentik, (3) Metode Dokumentasi, untuk mengumpulkan data gambaran umum MI, RPP, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Fiqih. Analisis data adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih sudah berlangsung dengan baik. Dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru sudah menyesuaikan dengan silabus, sesuai dengan materi dan langkah-langkah pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, kemudian mengkomunikasikan. Adapun penilaian autentik yang dilaksanakan oleh guru sudah mencakup ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa. Dalam ranah afektif dilaksanakan melalui penilaian sikap siswa dan penilaian diri siswa. Adapun pada ranah kognitif dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Tes formatif dilakukan pada akhir kegiatan pembelajaran, sedangkan teknik nontes dengan tanya jawab. Sedangkan dalam aspek psikomotorik dilakukan dengan praktek dan penilaian portofolio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013, Fiqih, dan Madrasah Ibtidaiyyah
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 24 Jun 2016 07:38
Last Modified: 24 Jun 2016 07:38
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item