KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DINIYAH ‘ULYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN KURIKULUM OLEH TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH DINIYAH EL BAYAN MAJENANG CILACAP

LILIS FATIMATUR ROHMAH, NIM. 1323303028 (2018) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DINIYAH ‘ULYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN KURIKULUM OLEH TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH DINIYAH EL BAYAN MAJENANG CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img] Text
ABSTRAKSI.doc

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
LILIS FATMATUR ROHMAH_KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DINIYAH ‘ULYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum diartikan sebagai mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, atau bisa diartikan pula bahwa kurikulum itu rencana pengajaran yang nantinya ditujukan kepada peserta didik. Kemampuan mengelola kurikulum merupakan proses yang dilakukan oleh seseorang dimana ia mengatur dan menata seluruh kegiatan yang ada di sekolah, salah satunya adalah pembelajaran. Bagaimanapun baiknya pelaksanaan pembelajaran, itu tergantung pada pendidik itu sendiri yang menjadi si pemberi pelajaran atau pengetahuan. Apabila guru memiliki keahlian mengajar, peserta didik dapat belajar dan dapat menyerap serta memahami segala materi pelajaran, didukung oleh kepala sekolah yang memiliki keahlian dalam memimpin serta bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan maka terwujudlah manusia muda yang memperoleh pengetahuan, mengembangkan keterampilan atau kemampuan, mengubah sikap, serta mampu mengarahkan diri sendiri dalam bidang pengetahuan atau keterampilan. Banyaknya perbaikan dalam lembaga pendidikan menuntut kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran atau pengelolaan kurikulum pada setiap tenaga pendidik. Atas dasar inilah dilakukannya penelitian, yang ditujukan untuk menggambarkan bagaimanakah kepemimpinan kepala madrasah diniyah ‘ulya dalam meningkatkan kemampuan pengelolaan kurikulum oleh tenaga pendidik di Madrasah Diniyah El Bayan Majenang Cilacap. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan oleh penulis adalah reduksi data, display data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya kepemimpinan kepala madrasah diniyah ‘ulya dalam meningkatkan kemampuan pengelolaan kurikulum oleh tenaga pendidik di Madrasah Diniyah El Bayan Majenang Cilacap memiliki gaya kepemimpinan demokratis dan mempunyai peran educator,leader, innovator, motivator, administrator dan supervisor. Tahap didalam pengelolaan kurikulum meliputi perencanaan kurikulum, implementasi kurikulum dan evaluasi kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Pengelolaan Kurikulum
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 17 Apr 2018 00:39
Last Modified: 17 Apr 2018 00:39
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3511

Actions (login required)

View Item View Item