Implementasi Metode Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (Savi) Pada Mata Pelajaran Matematika Di MI Maarif NU 1 Kracak Ajbibarang Banyumas

Laras Anisa Rachmaniar, NIM. 1323305075 (2018) Implementasi Metode Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (Savi) Pada Mata Pelajaran Matematika Di MI Maarif NU 1 Kracak Ajbibarang Banyumas. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
Laras Anisa Rachmaniar_IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SOMATIC,.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah dasar adalah mata pelajaran matematika. Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika. Pendekatan SAVI merupakan pembelajaran yang menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua alat indra. Hasil dari Matematik adalah keinginan, kesadaran dan dedikasi yang kuat pada diri siswa untuk belajar matematika dan melaksanakan berbagai kegiatan matematika. Adapun penilitan ini menguunak penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi lingkungan suatu unit sosial, individu, kelompok, lembaga atau masyarak.Adapun dalam sumber data menjadi 2 yaitu subyek dan obyek penelitian. Sedangkan dalam Teknik pengumpulan data terdiri dari Teknik Observasi (pengamatan) Teknik Wawancara (interview) Teknik Dokumentasi kemudian dalam Teknik Analisis Data yaitu data Reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusing drawing/ verivication. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan metode SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan matematik siswa. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan penerapan pendekatan SAVI mengalami peningkatan yang relatif cukup baik. Kemudian unuk respon siswa dalam pembelajaran Matematika dengan penerapan metode SAVI adalah respon positif. Hal ini dilihat pada jurnal harian, siswa mengemukakan bahwa pembelajaran yang diterapkan membuat siswa mengalami suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa lebih bersemangat dalam belajar dan lebih memahami materi pelajaran dengan mudah dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan metode SAVI mengalami peningkatan yang relative baik dan sangat signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Pembelajaran Savi, Somatic, dan Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 16 Apr 2018 08:41
Last Modified: 16 Apr 2018 08:41
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3503

Actions (login required)

View Item View Item