PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM KEGIATAN HIMDA’IS (HIMPUNAN DA’I SISWA) DI MAN (MADRASAH ALIYAH NEGERI) CILACAP

ULFATUN AMALIA, NIM. 1323301111 (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM KEGIATAN HIMDA’IS (HIMPUNAN DA’I SISWA) DI MAN (MADRASAH ALIYAH NEGERI) CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ULFATUN AMALIA_PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM KEGIATAN HIMDA’IS (HIMPUNAN DA’I SIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penanaman merupakan suatu cara atau proses menanamkan, sedangkan nilai karakter religius merupakan sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Salah satu cara untuk menanamkan nilai karakter religius yaitu dengan metode. Karakter religius sendiri termasuk dalam 18 karakter bangsa yang direncanangkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Kemendiknas mengartikan bahwa karakter religius sebagai sebuah sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan agama lain. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai karakter religius dalam kegiatan Himda’is (Himpunan Da’i Siswa) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cilacap. Dimana karakter religius sangat penting di sebuah lembaga pendidikan khususnya Madrasah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Dari penelitian yang penulis lakukan, bahwa penanaman nilai-nilai karakter religius dalam kegiatan HIMDA’IS yaitu: (1) Kegiatan-kegiatan rutin yang terdiri dari kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan dapat dijadikan sebagai sarana bagi siswa menanamkan nilai karakter relligius. Penanaman nilai-nilai religius yang meliputi, 1) Nilai ibadah yang meliputi: Shalat dhuhur berjama’ah, berdo’a sebelum dan setelah kegiatan pembelajaran, saling tolong menolong terhadap sesama manusia, (2) Nilai akhlak yang meliputi, akhlak terhadap Allah Swt, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap guru/ orang tua. Karakter religius yang dapat ditanamkan dalam kegiatan HIMDA’IS (Himpunan Da’i Siswa) melalui 3 metode yaitu, metode pembiasaan, metode keteladanan, dan metode pemberian hadiah dan hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penanaman, nilai karakter religius, dan HIMDA’IS
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.343 Majelis Ta'lim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 13 Apr 2018 09:04
Last Modified: 13 Apr 2018 09:04
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3499

Actions (login required)

View Item View Item