MANAJEMEN PENDIDIKAN AKHLAQ AL KARIMAH DI SMP ISLAM AL AZHAR 15 KABUPATEN CILACAP

Farhatul Mubarokah, NIM. 1522605007 (2017) MANAJEMEN PENDIDIKAN AKHLAQ AL KARIMAH DI SMP ISLAM AL AZHAR 15 KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
FARKHATUL MUBAROKAH_MANAJEMEN PENDIDIKAN AKHLAQ AL KARIMAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan akhlaqul karimah merupakan salah satu bagian dari pendidikan, pendidikan akhlak pada jenjang pendidikan dasar maupun menengah antara lain bertujuan mewujudkan manusia Indonesiayang taat beragama dan berakhlak mulia, yaitu manusia Indonesia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi. Atas dasar itu maka penelitian ini difokuskan pada manajemen pendidikan akhlaqul karimah di SMP Islam Al-Azhar 15 Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Pendidikan Akhlaqul Karimah yang dilaksanakan di SMP Islam Al-Azhar 15 Cilacap. Untuk mendalami pelaksanaan manajemen pendidikan akhlaqul karimah di SMP Islam Al-Azhar 15 Cilacap, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif karena penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses manajemen pendidikan akhlaqul karimah di SMP Islam Al-Azhar 15 Cilacap. Sedangkan tehnik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari tehnik tersebut dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) manajemen pendidikan akhlaqul karimah di SMP Al-Azhar 15 Cilacap: a) dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan pembiasaan. Pelaksanaan manajemen tersebut berjalan secara terstruktur, terpadu dan normatif yang dilandasi oleh nilai-nilai islam serta dengan keteladanan. b) kepala sekolah di SMP Islam Al-Azhar 15 Cilacap telah menjalankan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan, pengawasan (controling), dan penilaian (evaluating). 2) faktor keberhasilan pendidikan akhlaqul karimah di SMP Islam Al-Azhar 15 Cilacap tidak terlepas dari kreatifitas kepala sekolah dalam mengelola pendidikan akhlaqul karimah di sekolah. Walaupun jumlah jam pelajaran Pendidikan Agama Islam hanya dua jam dalam satu minggu, namun pendidikan akhlak di SMP Islam Al-Azhar 15 Cilacap berhasil dikarenakan menggunakan strategi sebagai berikut: a) integrasi akhlak dalam visi, misi dan tujuan sekolah, b) integrasi pendidikan karakter atau budi pekerti yang beraskan nilai-nilai Islam kedalam semua mata pelajaran, c) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dengan disertai penanaman nilai-nilai ajaran Islam, d) pembentukan budaya Islami di lingkungan sekolah juga di dukung oleh penciptaan suasana sekolah yang kondusif, e) keluwesan kepala sekolah dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak secara internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pendidikan, akhlaqul karimah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 11 Apr 2018 00:02
Last Modified: 11 Apr 2018 00:02
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3486

Actions (login required)

View Item View Item