EVALUASI STRATEGI PENINGKATAN MUTU LULUSAN SMP NEGERI 2 PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA

DEWI NOVITRIANA, 1323303092 (2017) EVALUASI STRATEGI PENINGKATAN MUTU LULUSAN SMP NEGERI 2 PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text
DEWI NOVITRIANA_EVALUASI STRATEGI PENINGKATAN MUTU LULUSAN SMP NEGERI 2 PURWANEGARA KABUPATEN BAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mutu lulusan sesuai dengan tujuan pendidikan secara nasional di Indonesia adalah mengembangkan kemampuan, membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Keberhasilan dari strategi peningkatan mutu lulusan yang telah diterapkan di lembaga pendidikan tidak serta merta dapat diketahui hasilnya tanpa adanya evaluasi. Evaluasi perlu dilakukan supayakedepannya upaya peningkatan mutu lulusan dapat berjalan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi strategi peningkatan mutu lulusan di SMP Negeri 2 Purwanegara Kabupaten Banjarnegara.Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) dengan menggunakan jenis penelitian deskripsipendekatan kualitatif.Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP (context, input, process dan product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam.Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah strategi peningkatan mutu lulusan SMP Negeri 2 Purwanegara.Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, WK kurikulum, WK kesiswaan, WK sarpras, WK humas dan guru kelas VII,VIII dan IX SMP Negeri 2 Purwanegara. Cara yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data mengacu pada model Miles Huberman yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian evaluasi strategi peningkatan mutu lulusan SMP Negeri 2 Purwanegara Kabupaten Banjarnegara antara lain: (1) evaluasi konteks (contex) meliputi: identifikasi kekuatan dan kelemahan organisasi, tujuan strategi dan sasaran dari pelaksanaan strategi, (2) evaluasi masukan (input) meliputi: kondisi sasaran/peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan, kurikulum, sarana dan prasarana, dana pelaksanaan program serta masyarakat, (3) evaluasi proses (process) meliputi: pelaksanaan strategi dan kendala-kendala dalam pelaksanaan strategi, (4) evaluasi produk (product) berupa dampak dari implementasi strategi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, manajemen strategi, mutu lulusan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Feb 2018 06:44
Last Modified: 06 Feb 2018 06:44
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3478

Actions (login required)

View Item View Item