PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPASUB POKOK BAHASANSISTEM GERAKAN BUMI, BULAN, DANMATAHARI DENGANMENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUALPADA SISWA KELAS VI MI MUHAMMADIYAH MUJUR LORKECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAPSEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2O13/2O14

Sukiman, 1123306113 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPASUB POKOK BAHASANSISTEM GERAKAN BUMI, BULAN, DANMATAHARI DENGANMENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUALPADA SISWA KELAS VI MI MUHAMMADIYAH MUJUR LORKECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAPSEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2O13/2O14. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, BabI, V, daftar pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
SUKIMAN_PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya anggapan siswa bahwa pembelajaran IPA membosankan dan rendahnya hasil belajar siswa yang hanya mencapai 36,8% saja yang memenuhi ketuntasan belajar minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas VImelalui penggunaan media pembelajaran audiovisual di MI Muhammadiyah Mujur Lor Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ini merupakanpenelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagaiperancang dan pelaksana kegiatan pembelajaran dengan guru observer. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas VI MI Muhammadiyah Mujur Lor yang berjumlah19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.Data dikumpulkan secara kuantitatif dan dianalisis dengan statistik persentaseuntuk digunakan dalam penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus menunjukkan bahwapelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audiovisualpada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajarsiswa. Peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan nilai rata-ratanilai kognitif siswa selama dua siklus, yaitu meningkat 3,1 dari 65,4 pada pra siklus menjadi 68,5 pada siklus I,dan meningkat lagi sebesar 6,8 dari 68,5 pada siklus I menjadi 75,3 padasiklus II. Persentase ketuntasan siswa juga meningkat yaitu meningkat 26,4% dari 36,8% pada pra siklus menjadi63,2% pada siklus I, dan meningkat kembali 26,2% dari 63,2% padasiklus I menjadi 89,4% pada siklus II. Peningkatan motivasibelajar siswa juga meningkat ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap siswa yang lebih baikserta antusias pada saat mengikuti pembelajaran IPA. Siswa memiliki semangat belajar lebihbesar daripada sebelumnya. Siswa lebih aktif dan antusias mengikutipembelajaran serta mampu memusatkan perhatian terhadap materi pembelajaran.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI MI Muhammadiyah Mujur Lor. Kata kunci : Hasil belajar, matapelajaran IPA, media pembelajaran, audiovisual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:41
Last Modified: 24 Jun 2016 02:41
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item