IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2015/2016

Liani, Nurazaman (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
LIANI NURAZAMAN_IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN HUBUNGANNYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan diterapkannya kurikulum 2013 yang pastinya akan memberikan dampak kepada berbagai pihak. Sebagai sesuatu yang relatif baru, Kurikulum 2013 menghadapi berbagai masalah dan tantangan dalam implementasinya. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana penerapan kurikulum 2013 di MIN Purwokerto yang dalam hal ini penulis meneliti tentang persepsi siswa terhadap implementasi kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru di MIN Purwokerto dan hubungannya dengan hasil belajar siswa di MIN purwokerto. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana persepsi siswa terhadap implementasi kurikulum 2013 oleh guru di MIN Purwokerto, bagaimana hasil belajar siswa MIN Purwokerto, dan bagaimana hubungan antara Implementasi Kurikulum 2013 dengan hasil belajar siswa di MIN Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa MIN Purwokerto, dan bagaimana hubungan antara Implementasi Kurikulum 2013 dengan hasil belajar siswa di MIN Purwokerto. Manfaat penelitian ini yaitu untuk dapat memberi informasi dan masukan serta referensi dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih . Subyek penelitian ini adalah guru kelas V Abu Bakar dan V Umar bin Khattab dan siswa kelas V Abu Bakar dan V Umar bin Khattab. Data penelitian diperoleh dari reponden menggunakan kuesioner dan nilai pelaksanaan kurikulum2013. Setelah data diperoleh kemudian hasilnya dianalisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa hubungan antara implementasi kurikulum 2013 dengan hasil belajar siswa di MIN Purwokerto berkorelasi rendah dan bentuk hubungannya adalah Linear Negatif. Dengan nilai r sebesar 0,245 dengan n= 53 diperoleh taraf signifikansi 5% sebesar 0,266 dan taraf signifikansi 1% sebesar 0,345 berdasarkan ketentuan diatas dapat dilihat bahwa nilai “r” yang kita peroleh dalam perhitungan lebih kecil dari pada “r” tabel, maka hipotesis nol (Ho), yang menyatakan tidak ada korelasi yang signifikan antara implementasi kurikulum 2013 dan hasil belajar siswa di MIN Purwokerto, diterima dan sebaliknya hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada korelasi yang signifikan antara implementasi kurikulum 2013 dan hasil belajar siswa di MIN Purwokerto ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi kurikulum 2013, hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:30
Last Modified: 24 Jun 2016 02:30
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item