KOMPETENSI PEDAGOGIK USTADZ DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

RECHAN DWI ASTUTI, NIM. 1123301145 (2016) KOMPETENSI PEDAGOGIK USTADZ DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RECHAN DWI ASTUTI_KOMPETENSI PEDAGOGIK USTADZ DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini banyak wacana berkembang di masyarakat tentang bagaimana untuk menjadi guru yang memiliki kompeten. Guru yang berkompeten memiliki beberapa syarat diantaranya harus menguasai materi, mengikuti pelatihan dan seminar-seminar terkait kompetensi guru. Dalam hal ini Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh memiliki ciri khas yang membedakan dari pesantren lainnya, dimana ustadz dan ustadzah Madrasah Diniyahnya kebanyakan sudah menempuh perguruan tinggi bahkan ada yang sedang menyelesaikan S3. Dari beberapa kompetensi yang ada di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darussalam penulis akan membahas tentang kompetensi pedagogik yang didalamnya membahas tentang penguasaan kompetensi pedagogik seorang ustadz. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penguasaan kompetensi pedagogik ustadz di Madrasah Diniyah Pondok pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto Kabupaten Banyumas. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai bahan informasi bagi ustadz dan wawasan terhadap peneliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dalam penelitian ini penulis akan menggambarkan penguasaan kompetensi pedagogik ustadz yang ada di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darussalam. Lokasi yang diteliti adalah Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh dengan subjek penelitian yaitu ustadz Madrasah Diniyah yang berjumlah tiga orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah Data Rekduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusing Drawing/verivication. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa penguasaan kompetensi pedagogik ustadz di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darussalam sudah sangat baik karena mereka mampu menguasai dan melakukan komponen-komponen kompetensi pedagogik secara baik. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Ustadz, dan Madrasah Diniyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:28
Last Modified: 22 Jun 2016 06:28
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item View Item