EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI MI MIFTAHUL ULUM PANDAK SUMPIUH BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SitiNurchasanah, 1323310078 (2017) EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI MI MIFTAHUL ULUM PANDAK SUMPIUH BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
SITI NURCHASANAH_EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39MB)

Abstract

Evaluasi merupakan proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendiskripsikan, menginterpretasikan, dan menyajikan informasi tentang suatu program untuk dapat digunakan sebagai dasar membuat keputusan, menyusun kebijakan maupun menyusun program selanjutnya. Evaluasi pembelajaran sebagian besar di jenjang pendidikan masih didominasi dalam bentuk tes tertulis. Hal ini juga terdapat pada evaluasi pembelajaran yang diadakan dalam kegiatan akhir semester yaitu penilaian akhir semester (PAS)danPenilaianAkhitTahun (PAT). DalamhalinimakaRumusan masalah dalam penelitianini adalah Bagaimana Evaluasi Pembelajaraan Bahasa Indonesia di MI Miftahul Ulum Pandak Sumpiuh Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017, khususnya dalam pelaksanaan PAT (PenilaianAkhirTahun).Penelitian yang dilakukan di MI Miftahul Ulum Pandak bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara jelas dan mendalam tentang Evaluasi Pembelajaraan Bahasa Indonesia di MI Miftahul Ulum Pandak Sumpiuh Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat Deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia kelas IIIdansiswa-siswikelas III di MI Miftahul Ulum Pandak. Objek penelitiannyaialahpelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di MI Miftahul Ulum Pandak Sumpiuh Banyumas tahun 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisa data kualitatif, melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan bahwasecaragarisbesarevaluasipembelajaranbahasa Indonesia kelas III di MI MiftahulUlumPandakkhususnya PAT (PenilaianAkhirTahun) berjalandenganbaiksesuaiprosedurpelaksanaanevaluasi.Evaluasipembelajaranbahasa Indonesia kelas III di MI MiftahulUlumPandakmelaluibeberapatahapanyakniperencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dantindaklanjuthasilevaluasi. Tahapperencanaanmeliputipembuatankisi-kisi, soal, dankuncijawaban.Tahappelaksanaanyaknimengujikansoalkepadapesertadidik.Tahappengolahanmeliputipengoreksian, penskoran, penilaiandananalisis data.Tahaptindaklanjutmeliputipelaksanaan program perbaikandanpengayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Bahasa Indonesia, MI MiftahulUlumPandak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Oct 2017 00:53
Last Modified: 11 Oct 2017 00:53
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3130

Actions (login required)

View Item View Item