PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

Melinda Merdeka Sari, Melinda (2016) PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
Melinda Merdeka Sari_Pembentukan Pendidikan Karakter di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)

Abstract

Pembentukan nilai pendidikan karakter bangsa bukan semata tugas guru, tetapi juga tugas orang tua dan masyarakat lainnya. Karena pribadi seseorang, sebagian besar dibentuk oleh pendidikannya. Karenaitu, untuk membentuk pribadi yang terpuji, tanpa cela, dan bertanggung jawab, mutlak dan dibutuhkan pendidikan karakter yang berkualitas. Karakter merupakan nilai-nilai yang terpatri dalam diri kita melalui pendidikan, pola asuh, pengalaman, percobaan, pengorbanan, dan pengaruh lingkungan menjadi nilai intrinsik yang melandasi sikap dan perilaku kita. Seperti yang telah diterapkan oleh lembaga-lembaga pendidikan sekarang ini.Yakni lembaga pendidikan sekolah dasar SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto yang telah menamankan nilai-nilai pendidikan karakter kepada siswa melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sekolah tersebut. Nilai pendidikankarakteradalah proses pemberiantuntunankepadapesertadidikuntukmenjadimanusiaseutuhnya, yang berkarakterdalamdimensihati, pikir, raga, serta rasa dankarsa. Merupakan usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu pendekatan yang menekankan pada hasil pengamatansendiri.Untukmembantupenelitimengetahuiapa yang terjadi di lingkungan di bawahpengamatan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan langkah analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini, pembentukan pendidikan karakter di SD Terpadu Putra Harapan membentuk 10 nilai karakter menggunakan 3 metode dalam pelaksanaannya yakni metode pengajaran, keteladanan dan pembiasaan. Nilai karakter yang ditanamkan yakni: 1). Nilai jujur: menggunakan metode pengajaran dan pembiasaan, 2). Nilai toleransi: menggunakan metode pengajaran dan keteladanan, 3). Nilai disiplin: menggunakan metode pengajaran dan pembiasaan, 4). Nilai kerja keras: menggunakan metode pengajaran dan keteladanan, 5). Nilai kreatif: menggunakan metode pengajaran, 6). Nilai mandiri: menggunakan metode pengajaran dan keteladanan, 7). Nilai rasa ingin tahu: menggunakan metode pengajaran, 8). Nilai komunikatif: menggunakan metode pengajaran dan pembiasaan, 9). Nilai gemar membaca: menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan, 10). Nilai tanggung jawab: menggunakan metode keteladanan. Kata Kunci :Pendidikan Karakter, SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 22 Jun 2016 03:42
Last Modified: 22 Jun 2016 03:42
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item View Item