PENANAMAN NILAI KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BAGI ANAK USIA DINI SISWA TK B DI KELOMPOK BERMAIN MUTIARA HATI PURWOKERTO

Arining Tias Saputri, NIM: 1223301100 (2016) PENANAMAN NILAI KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BAGI ANAK USIA DINI SISWA TK B DI KELOMPOK BERMAIN MUTIARA HATI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ARINING TIAS SAPUTRI_PENANAMAN NILAI KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masa anak usia dini merupakan masa yang paling tepat untuk meletakan dasar pertama dan utama dalam mengembangkan berbagai potensi dan kemampuan fisik,kognitif, bahasa, seni, sosial emosional, moral, agama, konsep diri, disiplin diri, dan kemandirian. Maka dari itu penting jika sejak usia dini perlu ditanamkan nilai kemandirian dan kedisiplinan. Skripsi ini mengkaji tentang penanaman nilai kemandirian dan kedisiplinan bagi anak usia dini siswa TK B di Kelompok Bermain Mutira Hati Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penanaman nilai kemandirian dan kedisiplinan bagi anak usia dini yang di lakukan pada Kelompok Bermain Mutiara Hati Purwokerto terutama bagi siswa TK B karena melihat pada usia ini yaitu usia 5-6 tahun tingkat kemandirian dan kedisiplinan jauh lebih baik di bandingkan dengan usia di bawah ini. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang termasuk jenis penelitian yang bersifat deskriptif, yaitu mendeskripsikan, mengamati, menggambarkan, penanaman nilai kemandirian dan kedisiplinan bagi anak usia dini siswa TK B di Kelompok Bermain Mutiara Hati Purwokerto. Data-data yang digunakan dalam skripsi ini adalah dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, bahwa penanaman nilai kemandirian dan kedisiplinan bagi anak usia dini siswa TK B di Kelompok Bermain Mutiara hati Purwokerto melalui kegiatan-kegiatan yang di dalamnya ditanamkan nilai kemandirian dan kedisiplinan seperti mandiri dan disiplin saat berangkat sekolah, mandiri dan disiplin saat masuk kelas, mandiri dan disiplin kertika membaca iqra, mandiri dan disiplin saat mengikuti kegiatan pagi ceria, mandiri dan disiplin ketika pembiasaan ibadah, mandiri dan disiplin saat kegiatan belajar mengajar, mandiri dan disiplin saat istirahat, dan mandiri dan disiplin saat pulang.Adapun Metode yang digunakan dalam penanaman nilai kemandirian dan kedisiplinan adalah metode nasehat, metode diskusi, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode tasywiq (teaching and motivate),dan metode mendidik melalui kisah. Kata Kunci: Penanaman Nilai Kemandirian dan Kedisiplinan, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai Kemandirian dan Kedisiplinan, Anak Usia Dini.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 22 Jun 2016 02:10
Last Modified: 22 Jun 2016 03:35
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item View Item