MOTIVASI BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKADEMIK TINGGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO

Evi Yuneti, NIM. 1323301253 (2017) MOTIVASI BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKADEMIK TINGGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
EVI YUNETI_MOTIVASI BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKADEMIK TINGGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan daya penggerak dari dalam diri individu untuk melakukan kegiatan belajar. Siswa yang mempunyai motivasi belajar akan mencapai hasil yang optimal atau nilai yang tinggi daripada siwa yang lain. Siswa yang berprestasi akademik tinggi adalah siswa yang berhasil dalam mata pelajaran dengan skor hasil tes terbaik di antara siswa lain di kelas serta melampaui nilai batas kriteria minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa berprestasi akademik tinggi serta faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa berprestasi akademik tinggi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah motivasi belajar siswa berprestasi akademik tinggi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa yang berprestasi.Cara yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, motivasi belajar siswa yang berprestasi akademik tinggi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam ada dua yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.Siswa yang mempunyai motivasi intrinsik ditandai dengan keinginan siswa untuk menguasai materi Pendidikan Agama Islam, keinginan siswa untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari siswa yang lain, dan keinginan siswa mencapai cita-cita atau tujuan yang ingn dicapai.Sedangkan siswa yang mempunyai motivasi ekstrinsik dikarenakan adanya penghargaan dari pihak sekolah atau guru. Adapun faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa berprestasi akademik tinggi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam diantaranya adanya cita-cita, adanya kebutuhan, adanya penghargaan, adanya sifat rasa ingin tahu,kepercayan diri, faktor fisik, sosial media, orang tua, lingkungan dan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Siswa berprestasi akademik tinggi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3304 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 04 Oct 2017 08:42
Last Modified: 04 Oct 2017 08:42
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/3062

Actions (login required)

View Item View Item