STRATEGI PEMASARAN MLM (MULTI LEVEL MARKETING) PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada PT. Natural Nusantara Cabang Purwokerto)

Muhamad Amin, NIM. 1223203065 (2016) STRATEGI PEMASARAN MLM (MULTI LEVEL MARKETING) PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada PT. Natural Nusantara Cabang Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI-BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
MUHAMAD AMIN_STRATEGI PEMASARAN MLM (MULTI LEVEL MARKETING) PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PT NATURAL NUSANTA~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu gerakan ekonomi yang sedang berkembang pesat saat ini adalah MLM (Multi Level Marketing). MLM merupakan sebuah metode pemasaran barang dan atau jasa dari sistem penjualan barang langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, di mana mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan di dalam kelompoknya. Bisnis MLM seringkali dikaitkan dengan sebuah formula untuk mendapatkan kekayaan secara cepat dan mudah. Pandangan seperti ini muncul, mungkin salah satunya akibat dari beberapa penawaran usaha-usaha MLM yang menghubungkan bisnis ini dengan cara cepat dan mudah untuk mendapatkan kekayaan. Akhirnya banyak orang menganggap hal ini sebagai suatu kebenaran. Sebenarnya, MLM bukanlah sebuah formula ajaib yang bisa mendatangkan uang dengan cepat dan mudah. MLM hanyalah sebuah metode untuk memasarkan suatu produk yang berbeda dengan cara-cara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran MLM yang digunakan PT.Natural Nusantara cabangPurwokertodalampandanganEkonomi Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dengan jenis penelitian kualitatif dan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwastrategipemasaran yang digunakan PT. Natural Nusantara cabangPurwokertotidakterdapatsistemmoney gameataupermainanuang yang hanyamenguntungkananggota yang berada di atasdandilarangolehekonomi Islam karenahanyamemutarkanuangtanpaadanyaproduk yang dijual. Komitmenperniagaan (jualbeli) dalam PT. Natural Nusantara cabangPurwokertoberdasarkanazastolongmenolongdalamkebajikandantaqwamenjadifalsafahdalamgerakanpemasaranproduk (sudahmendapatijindari BPOM dansertifikasi halal dari MUI).Adapun Adapun sistem komisi pada PT. Natural Nusantara dapat di kategorikan kedalam akad ijarah, sedangkan sistem bonus dapat dimasukkan kedalam akad ju’alah, yaitu boleh. Kata Kunci: Strategi Pemasaran MLM, PT. Natural Nusantara Cabang Purwokertodan Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 21 Jun 2016 07:45
Last Modified: 21 Jun 2016 07:48
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item