PENANAMAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA PADA PROGRAMEKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI DI MI MUHAMMADIYAH KEMBARAN WETAN KALIGONDANG PURBALINGGA Nisa Adzimatinur

Nisa Adzimatinur, 1323305011 (2017) PENANAMAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA PADA PROGRAMEKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI DI MI MUHAMMADIYAH KEMBARAN WETAN KALIGONDANG PURBALINGGA Nisa Adzimatinur. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
NISA ADZIMATINUR_PENANAMAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Individu yang percaya diri mampu melakukan berbagai hal dengan baik. Untuk itu sudah tanggung jawab bagi guru, orang tua dan masyarakat untuk menanamkan karakter percaya diri pada anak sedini mungkin. Salah satunya yaitu melalui program ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Program ekstrakurikuler yang dapat menjadi wahana untuk menanamkan karakter percaya diri yaitu ekstrakurikuler pencak silat tapak suci. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana Penanaman Karakter Percaya Diri Siswamelalui Program Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci di MI Muhammadiyah Kembaran Wetan, Kaligondang, Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pembina ekstrakurikuler pencak silat tapak suci, pelatih ekstrakurikuler pencak silat tapak suci, kepala madrasah, dan siswa. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penanaman karakter percaya diri siswa melalui program ekstrakurikuler. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dandokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, antara lain: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman karakter percaya diri siswa pada program ekstrakurikuler pencak silat tapak suci, melalui 5 cara, yaitu keikutsertaan siswa dengan ekstrakurikuler pencak silat tapak suci, melakukan latihan gerakan secara berulang-ulang, memberi kesempatan sukses, dorongan dari pelatih, serta menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan. Dengan hal ini siswa memiliki mental percaya diri berupa percaya pada kemampuan sendiri, keberanian untuk tampil di depan orang banyak, kemampuan komunikasi yang baik, berani mengungkapkan pendapat, serta memiliki kemampuan diri yang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :KarakterPercayaDiri, EkstrakurikulerPencakSilat TapakSuci, MI MuhammadiyahKembaranWetan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Sep 2017 01:59
Last Modified: 18 Sep 2017 01:59
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2985

Actions (login required)

View Item View Item