PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI SD NEGERI 2 SAAWANGAN KECAMATAN AJIBARANG BANYUMAS

Dwiyoga Apriyatin, 1323301152 (2017) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI SD NEGERI 2 SAAWANGAN KECAMATAN AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
DWIYOG APRIYATIN_PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kesadaran bahawa Peran orang tua dalam lingkungan keluarga menduduki peran penting dalam membimbing anak memenuhi kebutuhan dasar spiritualnya. Namun pada kenyataanya dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya secara sadar, tetapi juga terkadang secara tidak sadar banyak orang tua tidak bisa menjadi teladan bagi anak, sehingga anak kehilangan figur yang positif untuk dicontohnya dan berusaha mencari identitas diluar rumah yang tidak bisa dipertanggungjawabkan sehingga menyebabkan perkembangan kebermaknaan dimensi spiritual yang tidak optimal dalam diri anak, hal ini mengakibatkan anak menjadi kehilangan pegangan hidup, cenderung kehilangan keimanan, dan mudah putus asa (hopeless). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pola asuh yang diterapkan orang tua siswa, 2) tingat kecerdasan spiritual siswa, dan 3) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan spiritual. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif untuk meneliti pada sampel atau populasi tertentu. Sampel penelitian ini adalah 96 responden yang terdiri dari kelas tinggi (IV, V, dan VI). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan rumus regresi linear. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) seluruh orang tua dari siswa kelas tinggi SD Negeri 2 Sawangan Kecamatan Ajibarang Banyumas menerapkan pola asuh otoritatif,2) Presentase tingkat kecerdasan spiritual siswa yaitu: 10,42% siswa tergolong kecerdasan spiritual tinggi, 76,04% siswa tergolong kecerdasan spiritual sedang, dan 13,54% siswa tergolong kecerdasan spiritual rendah.3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasan spiritual. Besar pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai R Square yang diperoleh yaitu 0,316.Artinya besar pengaruh variabel X (pola asuh orang tua) terhadap variabel Y (kecerdasan spiritual) adalah sebesar 31,6%.”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Spiritual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Sep 2017 08:53
Last Modified: 13 Sep 2017 08:53
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2960

Actions (login required)

View Item View Item