HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PEKAJA KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS

Dezi Pramushinta, 132330808 (2017) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PEKAJA KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
DEZI PRAMUSHINTA_HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan belajar merupakan proses sedangkan prestasi merupakan hasil dari proses belajar. Dengan prestasi yang diraih oleh seseorang dapat dilihat seberapa besar kuantitas pengetahuan yang dimilikinya. Prestasi belajar dapat dijadikan sebagai indikator keberhasilan siswa dalam belajarnya. Dalam setiap mengikuti proses pembelajaran di sekolah sudah pasti setiap peserta didik mengharapkan mendapat prestasi belajar yang baik, sebab prestasi belajar yang baik dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuannya. Prestasi belajar yang baik hanya dicapai melalui proses belajar yang baik pula. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah ada hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 3 Pekaja Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode wawancara, metode dokumentasi dan metode angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji homogenitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi untuk menjawab hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Disiplin belajar terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar siswa, artinya semakin tinggi disiplin belajar maka prestasinya akan lebih baik, hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi disiplin belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,625. (2) Disiplin belajar terbukti mempengaruhi prestasi belajar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,391, artinya variabel ini dapat mempengaruhi prestasi belajar sebesar 39,1%. (3) Siswa kelas V SD Negeri 3 Pekaja memiliki kategori kecenderungan disiplin belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang cukup yaitu sebesar 57,2% dan katagori kecenderungan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang kurang yaitu sebesar 57,15%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Sep 2017 03:16
Last Modified: 08 Sep 2017 03:16
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2911

Actions (login required)

View Item View Item