PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV DI SD NEGERI CIPOROS 04 KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP

Lisa Nurmala, 1223305066 (2017) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV DI SD NEGERI CIPOROS 04 KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (893kB) | Preview
[img] Text
Lisa Nurmala_Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV Di SD Negeri Ciporos 04 Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sumber belajar ialah alat bantu yang berguna dalam kegiatan belajar mengajar yang dimanfaatkan dan diperlukan dalam proses pembelajaran. Selain sebagai alat bantu, sumber belajar merupakan komponen penting untuk keberhasilan dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran IPA sangat diperlukan sumber belajar yang sesuai dan mendukung. Dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA secara konkret dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang sedang dipelajari, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SD Negeri Ciporos 04 Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang bagaimana pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SD Negeri Ciporos 04 Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait tentang bagaimana pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, adapun pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA dalam pembelajarannya dilakukan dengan tiga langkah yaitu langkah persiapan, langkah pelaksanaan dan tindak lanjut. Hal ini guru lakukan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang sedang dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan, Sumber Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Sep 2017 02:36
Last Modified: 07 Sep 2017 02:36
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2889

Actions (login required)

View Item View Item