PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SUB TEMA ROOMS IN THE HOUSE AND OCCUPATION MELALUI METODE KUIS BEREGU (QUIZ TEAM) PADA SISWA KELAS V DI MI MA`ARIF NU 2 PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nurul Feri Hati Nurani, NIM. 1123305067 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SUB TEMA ROOMS IN THE HOUSE AND OCCUPATION MELALUI METODE KUIS BEREGU (QUIZ TEAM) PADA SISWA KELAS V DI MI MA`ARIF NU 2 PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
Nurul Feri Hati Nurani_Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Sub Tema Rooms In The House And .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Materi pelajaran bahasa Inggris sub pokok bahasan rooms in the house and occupation bertujuan agar siswa dapat memahami, merespon, mengungkapkan, menyalin dan mengeja dalam bahasa Inggris dalam tema terkait serta mengoptimalkan aktivitas , memotivasi, dan mengaktifkan siswa dalam kelompok maupun individu. Studi pendahuluan menunjukan fakta bahwa kemampuan siswa untuk dapat mencapai tujuan tersebut masih rendah. Berdasarkan nilai ulangan harian bahasa Inggris sub temaroomsin the house and occupation nilainya masih rendah, sehingga perlu diadakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif quiz team. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris sub tema roomsin the house and occupation menggunkan model pembelajaran kooperatif quiz team. Desain pembelajaran bahasa Inggris sub temaroomsin the house and occupation menggunkan model pembelajaran kooperatif quiz team terdiri dari 6 langkah yaitu: pembagian kelompok, penomoran, penyampaian materi, membuat pertanyaan, berfikir bersama, memberi jawaban. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penulis sebagai peneliti berkerjasama dengan guru kelas sebagai pelaksana tindakan. Pennelitian tindakan kelas ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015-2016 di kelas V MI Ma`arif NU 2 Pasir Kidul. objek penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Inggris kelas V dan sebagai subjek penelitiannya adalah guru mulok kelas V, siswa kelas V yang berjumlah 20 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes tulis dan lisan dan dokumentasi. Pelaksanaan dilakukan dalam satu siklus dengan dua kali pertemuan dan satu siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris sub tema roomsin the house and occupation menggunkan model pembelajaran kooperatif quiz team. Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 45 %, lalu siklus satu meningkat menjadi 100% atau semua siswa telah mencapai KKM yang telah ditentukan dengan rata-rata nilai mencapai 87,77 dan angka tersebut mengakhiri perbaikan pembelajaran pada siklus pertama saja karena sudah mencapai target yang ditentukan yaitu ≥ 80% dari jumlah siswa yang mencapai KKM , dimana KKM yang ditentukan adalah 65. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Inggris, Model Pembelajaraan Kooperatif Quiz Team.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
400 Language > 420 English and Old English > 420.7 Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 20 Jun 2016 04:30
Last Modified: 20 Jun 2016 04:30
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item