PRAKTIK KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Nur Mukti, 1323303074 (2017) PRAKTIK KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
NUR MUKTI_PRAKTIK KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)

Abstract

Kepemimpinan visioner menekankan bahwa keberadaan visi sangat penting bagi organisasi yang ingin mewujudkan organisasi efektif dan kompetitif. Kekuatan kepemimpinan menghasilkan berbagai kebijakan dan operasionalisasi kerja yang di bimbing oleh visi organisasi. Sebuah organisasi yang ingin maju dan kompetitif harus mempunyai visi yang jelas, dipahami oleh semua anggotanya organisasi baik jajaran manajemen sampai keamanan (security) bahkan sampai cleaning service atau bagian kebersihan. Dalam hal ini kepala sekolah berperan dalam mencipta, memelihara, mengembangkan, mengkomunikasikan, dan menyegarkan visi sekolah agar tetap memiliki kemampuan untuk memberikan respon yang tepat dan cepat terhadap berbagai permasalahan dan tuntutan yang dihadapi sekolah. Tujuan dilakukanya Penelitian ini, untuk mendeskripsikan praktik kepemimpinan visioner kepala madrasah mulai dari menciptakan, merumuskan, mentransformasikan dan mengimplementasikan visi madrasah. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, bidang kurikulum, kesiswaan, kegamaan dan guru yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Purbalingga. Dari hasil penelitian kemudian data dikumpulkan dan dianalisis, kemudian data tersebut direduksi, selanjutnya data tersebut disajikan dalam bentuk tabel dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa Praktik Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Purbalingga lebih diorientasikan pada mutu. Langkah kepemimpinan visioner diawali dengan penetapan visi dan misi madrasah dengan regulasi serta mengakomodir keinginan owner/ pemilik madrasah dan melakukan analisis SWOT yang menjadi peluang terbesar madrasah. Kemudian dalam merumuskan visi madrasah, strategi yang dirumuskan yaitu dengan curah pendapat (brain stroming).Selanjutnya dalam proses mentransformasikan visi madrasah dilakukan dengan lisan maupun tertulis.Kemampuan kepala madrasah dalam mengimplementasikan visi madrash yaitu dengan membuat rencana kerja madrasah dan dokumen total product consept yang nantinya akan diturunkan dalam ke dalam program setiap bidang mulai dari bidang kurikulum, kesiswaan, keagamaan dan kesekretariatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepemimpinan Visoner Kepala Madrasah, Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Purbalingga
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 31 Aug 2017 03:00
Last Modified: 31 Aug 2017 03:00
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item