PENERAPAN METODE BERMAIN, CERITA DAN MENYANYI (BCM)DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH DI RA MASYITOH 03 BANJARANYAR SOKARAJA BANYUMAS

SOLIKHATI RESTI PURWANITA, 092331024 (2016) PENERAPAN METODE BERMAIN, CERITA DAN MENYANYI (BCM)DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH DI RA MASYITOH 03 BANJARANYAR SOKARAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
Solikhati Resti Purwanita_Penerapan Metode Bermain, Cerita dan Menyanyi (BCM) dalam Pembelajaran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini muncul berangkat dari kenyataan bahwa anak memiliki karakteristik yang bersifat fantasional atau lebih tertarik pada hal-hal yang berkesan dan menyenangkan. Memberikan pendidikan aqidah pada anak harus menggunakan metode yang menarik. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian mengenai metode bermain, cerita dan menyanyi yang selama ini dilakukan oleh RA Masyitoh 03 Banjaranyar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode BCM dalam pembelajaran aqidah di RA Masyitoh 03 Banjaranyar Sokaraja Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi penelitian di RA Masyitoh 03 Banjaranyar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber data yaitu Kepala RA dan guru RA, juga pengamatan langsung terhadap proses penerapan metode BCM. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan metode BCM dalam pembelajaran aqidah di RA Masyitoh 03 Banjaranyar Sokaraja Banyumas. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Metode bermain yang digunakan dalam pembelajaran aqidah adalah permainan Tepuk Sifat Wajib, Tepuk Sifat Mustahil, Tepuk Kitab Allah, Tepuk Al-Qur’an, Tepuk Rukun Iman, dan Tepuk Malaikat. Serta permainan tebak gambar ciptaan Allah yang ada di bumi dan di langit. 2. Metode Cerita yang digunakan dalam pembelajaran aqidah yaitu dengan Kisah Semut dan Gajah, cerita 5 Sifat Wajib bagi Allah, cerita 5 Sifat Mustahil bagi Allah, Dongeng Bulan yang Iri Hati, cerita Kitab Suci Agama yang ada di Indonesia, Sejarah Turunnya Al-Qur’an, cerita Sifat Mulia Rasul Allah, dan cerita Tugas dari Malaikat Roqib dan Malaikat Atid. 3. Metode menyanyi yang digunakan dalam pembelajaran aqidah yaitu dengan lagu Semut-semut Kecil, lagu Naik-naik Ke Puncak Gunung, lagu Sifat Wajib bagi Allah, lagu Allah Maha Esa, lagu Bintang Kecil, lagu Ambilkan Bulan Bu, lagu Pelangi, lagu Kitab Allah, lagu Ikrar Kita, lagu Tuhan Esa, dan lagu 10 Malaikat Allah. Kata kunci: Penerapan Metode BCM, Pembelajaran Aqidah, Penerapan Metode BCM dalam Pembelajaran Aqidah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 20 Jun 2016 03:28
Last Modified: 20 Jun 2016 03:28
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item