STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTs MA’ARIF NU I KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

YUANITA DWI LAELATUL NGIZZAH, 1323301177 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTs MA’ARIF NU I KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
YUANITA DWI LAELATUL NGIZZAH_STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) di MTs MA’ARIF .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi pembelajaran adalah pola-pola umum kegiatan guru dan murid dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Strategi ini ditempuh oleh guru dalam pembelajaran dimaksudkan agar pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien. Sehingga apabila pemebelajaran yang efektif dan efisien telah terlaksana maka tujuan pembelajaran menjadi lebih mudah untuk dicapai. Dan apabila tujuan pembelajaran tersebut telah tercapai maka pembelajaran tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran tersebut telah berhasil dilakukan. Penelitianini membahas mengenai penerapan Strategi Pembelajaran pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Ma’arif NU I Kemranjen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui startegi pembelajaran apa yang digunakan dalam pemelajaran Sejarah Kebudayaan islam (SKI) di MTs Ma’arif NU I Kemranjen kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian lapangan(Field Research). Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, danferifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pemeblajaran pada proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sudah berjalan dengan baik dan efektif. Adapun beberapa stratgei pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaranadaempat, yaitu Strategi Pembelajaran Ceramah, Strategi Pembelajaran Diskusi Kelompok, Strategi Pmebelajaran Peta Konsep, Strategi Pembelajaran Card Short. Yang dari masing-masing strategi tersebut memiliki langkah-langkah yang berbeda, namun tujuan pada akhirnya tetap sama, yaitumencapai target tujuanpembelajaranSejarahKebudayaan Islam (SKI)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.9 Peta Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 31 Aug 2017 00:40
Last Modified: 31 Aug 2017 00:40
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2758

Actions (login required)

View Item View Item