TEKNIK PEMBELAJARAN NAHWU PADA KELAS VIII DI SMP ALAM AL-AQWIYA CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2016/2017

Nur Asfiatul Munawaroh, NIM: 1223302036 (2017) TEKNIK PEMBELAJARAN NAHWU PADA KELAS VIII DI SMP ALAM AL-AQWIYA CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text
NUR ASFIATUL MUNAWAROH_TEKNIK PEMBELAJARAN NAHWU PADA KELAS VIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Teknik adalah kegiatan spesifik yang sesungguhnya terjadi di dalam kelas dan merupakan implementasi dari metode. Dalam kegiatan pembelajaran sangat penting bagi seorang guru mempersiapkan segala sesuatunya sebelum melakukan pembelajaran, termasuk teknik atau langkah-langkah yang akan dilakukan dalam pembelajaran tersebut. Jika gurumenguasai teknik pembelajaran, maka proses pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. SMP Alam Al-Aqwiya adalah salah satu lembaga formal yang bernaung di bawah yayasan syamsul ma’arif dan merupakan sekolah yang mengitegrasikan antara pendidikan formal dan pendidikan kepesantrenan. Di dalam lembaga tersebut, pembelajaran nahwu tidak dipelajari di lembaga non-formal, akan tetapi justru dipelajari di lembaga yang formal, yakni SMP Alam Al-Aqwiya. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi penulis untuk melakukan penelitian tentang teknik pembelajaran nahwu di lembaga yang formal. Rumusan masalah dari skripsi ini adalah “bagaimana teknik pembelajaran nahwu pada kelas VIII di SMP Alam Al-Aqwiya Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2016/2017?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan teknik yang digunakan oleh guru nahwu dalam pembelajaran nahwu pada kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif (field research/penelitian lapangan). Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Subjek dari penelitian ini yaitu kepala SMP Alam Al-Aqwiya dan guru nahwu SMP Alam Al-Aqwiya. Dari hasil analisis yang peneliti lakukan di SMP Alam Al-Aqwiya, dapat diambil kesimpulanbahwa pelaksanaan teknik pembelajaran nahwu pada kelas VIII di SMP Alam Al-Aqwiya Cilongok kabupaten Banyumas tahun ajaran 2016/2017 menggunakan teknik deduktif dan induktif. . Rinciannya, pada kelas VIII B, C, D, E, dan F menggunakan teknik deduktif.Sedangkan kelas VIII A menggunakan teknik induktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik pembelajaran nahwu, SMP Alam Al-Aqwiya, metode pembelajaran, model mengajar
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 30 Aug 2017 00:25
Last Modified: 30 Aug 2017 00:25
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2721

Actions (login required)

View Item View Item