IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Oleh FAIDILAH WAHYUNINGTYAS NIM. 1323305025

FAIDILAH WAHYUNINGTYAS, 1323305025 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Oleh FAIDILAH WAHYUNINGTYAS NIM. 1323305025. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)

Abstract

Matematika mengajarkan logika berpikir berdasarkan nalar dan sifat umum Matematika itu abstrak atau tidak nyata karena terdiri dari simbol-simbol. Dan dalam kurikulum 2013 proses pembelajaran menekankan adanya pendekatan Saintifik termasuk pada mata pelajaran Matematika. Dengan Pendekatan Saintifik pada pembelajaran Matematika diharapkan dapat membantu anak dalam membentuk abstraksi yang dibutuhkan untuk memahami Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Pendekatan Saintifik pada pembelajaran Matematika di MI Ma’arif NU 1 Pageraji dengan media atau sarana yang ada dan dengan waktu yang terbatas karena materi saling berkaitan. Pendekatan Saintifik yang mengadakan lima langkah dalam pembelajaran yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika kelas V B di MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Sedangkan metode analisis data yang penulis gunakan meliputi tiga tahap kegiatan yaitu tahap reduksi, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa di kelas V B MI Ma’arif NU 1 Pageraji menggunakan pendekatan Saintifik, yang dilakukan pak Muttaqin dalam beberapa pertemuan dengan menerapkan pendekatan Saintifik sudah berpedoman pada teori yang ada dalam menerapkan langkah-langkah pembelajaran yaitu, mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Matematika.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Aug 2017 08:04
Last Modified: 26 Aug 2017 08:04
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2688

Actions (login required)

View Item View Item