PENGGUNAAN MEDIA REALIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI SALAFIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS

SYAFRINA TRI PAMUJI, 1323305037 (2017) PENGGUNAAN MEDIA REALIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI SALAFIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
SYAFRINA TRI PAMUJI_PENGGUNAAN MEDIA REALIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang penggunaan media realia dalam pembelajaran matematika kelas V di MI Salafiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas. Media realia yang digunakan dalam pembelajaran matematika untuk mengkonkretkan pembelajaran yang abstrak. Pada hakikatnya proses belajar mengajar tidak bisa terlepas dari peran media, sebab media realia adalahsumber belajar yang di dalamnya berisikan pesan yang melibatkan indera penglihatan atau materi pelajaran yang dibuat secara menarik dalam bentuk nyata (tiruan) sehingga membuat siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media realia dalam pembelajaran Matematika Kelas V di MI Salafiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Salafiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru matematika, dan siswa kelas V. Objek penelitian adalah penggunaan media realia dalam pembelajaran matematika kelas V di MI Salafiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian tentang Penggunaan Media Realia dalam Pembelajaran Matematika di MI Salafiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas, diperoleh tiga tahapan dalam penggunaan media realia, yaitu : tahap perencanaan berupa pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),pelaksanaan berupa pelaksanaan dari rencana yang telah dibuat, dan evaluasi berupa proses penilaian dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Realia, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:24
Last Modified: 24 Aug 2017 04:24
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2670

Actions (login required)

View Item View Item