IMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF 07 KARANGMANGU KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Herti Kustiana, . 1323305073 (2017) IMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF 07 KARANGMANGU KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
HERTI KUSTIANA_IMPLEMENTASI PENILAIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)

Abstract

Suatu proses pendidikan mengandung tiga unsur, yakni tujuan pengajaran (instruksional), pengalaman (proses) belajar-mengajar, dan hasil belajar. Hubungan ketiga unsur tersebut dapat dilihat dari kegiatan penilaian yang merupakan suatu tindakan atau kegiatan untuk melihat sejauh mana tujuan-tujuan instruksional telah dapat dicapai atau dikuasai oleh peserta didik dalam bentuk hasil-hasil belajar yang diperlihatkan setelah mereka menempuh pengalaman belajar (proses belajar-mengajar). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses pelaksanaan penilaian portofolio pada mata pelajaran Matematika kelas III di MI Ma’arif 07 Karangmangu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif 07 Karangmangu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru Matematika (wali kelas III), dan siswa kelas III. Objek penelitian adalah implementasi/penerapan penilaian portofolio mata pelajaran Matematika kelas III di MI Ma’arif 07 Karangmangu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa gambaran mengenai penerapan penilaian portofolio mata pelajaran Matematika kelas III di MI Ma’arif 07 Karangmangu yang dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Tahap perencanaan yang dilakukan oleh guru meliputi: menentukan tujuan dan fokus portofolio, menentukan isi portofolio, mengembangkan kriteria penilaian, dan menyusun format penilaian. Tahap pelaksanaan yang meliputi pelaksanaan penilaian portofolio dan penilaian proses pelaksanaan penilaian portofolio. Dari tahap penilaian atau hasil pelaksanaan penilaian portofolio mata pelajaran Matematika sudah banyak siswa yang memperoleh nilai di atas KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian, Portofolio, Matematika, Madrasah Ibtidaiyah.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Aug 2017 00:46
Last Modified: 21 Aug 2017 00:46
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2632

Actions (login required)

View Item View Item