PERANAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MI AL-FATTAH CIKADU KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Umi Mahyati, 092331155 (2016) PERANAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MI AL-FATTAH CIKADU KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BabI_BabV_Daftar Pustaka.pdf

Download (126MB) | Preview
[img] Text
UmiMahyati_PERANAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran Fiqih kehadiran media memiliki arti yang cukup penting. Mengingat selama ini hasil dari pembelajaran Fiqih dinilai masih kurang. Karena para guru kurang memperhatikan komponen-komponen lain yang dapat membantu proses pembelajaran, diantaranya metode mengajar yang digunakan masih monoton, tanpa menggunakan media yang dapat memberikan gambaran lebih konkrit tentang materi yang disampaikan. Sehingga seringkali tujuan dari pembelajaran belum bisa tercapai dengan maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam, terkait dengan peranan media pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang peranan media Audio Visual dalam pembelajaran Fiqih di MI Al-Fattah Cikadu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih di MI al-Fattah Cikadu dapat menciptakan suasana pembelajaran menjadi tidak membosankan karena pembelajaran dapat dilakukan secara variatif, dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa, mengingat pelajaran dengan mudah, siswa menjadi lebih aktif dalam merespon, memberi umpan balik dengan cepat, mendorong siswa untuk melakukan kegiatan dengan cepat sehingga proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih, meliputi beberapa tahapan, yakni persiapan, dalam menetapkan media audio visual yang sesuai dengan materi pelajaran, menyajikan informasi, pelaksanaan, kelanjutan dan evaluasi. Media Audio Visual yang digunakan dalam pembelajaran Fiqih di MI Al-Fattah Cikadu adalah media gambar diam yaitu berupa gambar poster, gambar karikatur dan kartun, dan media gambar gerak, berupa gambar film dan VCD yang dikombinasikan dengan televisi. Kata Kunci: Media, Audio Visual, Pembelajaran, Fiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 18 Jun 2016 04:10
Last Modified: 18 Jun 2016 04:10
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item View Item