PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI METODE HALAQOH DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

FARIDA RIZKI UMAMI, NIM. 1123301046 (2016) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI METODE HALAQOH DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FARIDA RIZKI UMAMI_PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI METODE HALAQOH DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penerapan pendidikan karakter religius sekarang ini mutlak diperlukan bukan hanya di sekolah saja, tetapi di rumah dan di lingkungan sosial. Bahkan sekarang ini bukan hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga di usia dewasa pendidikan karakter religius mutlak diperlukan demi kelangsungan bangsa ini. Karena karakter religius (islami) merupakan suatu sifat yang melekat pada diri seseorang atau benda yang menunjukkan identitas, ciri, kepatuhan ataupun kesan keislaman. Karakter islam yang melekat pada diri seseorang akan mempengaruhi orang disekitarnya untuk berperilaku islami juga. Halaqoh merupakan metode pendidikan islam yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW semasa beliau melakukan dakwah islam. Namun sejalan dengan perkembangannya, halaqoh dijadikan sebagai metode pendidikan islam yang dilaksanakan secara terprogram dengan uraian materi yang telah ditentukan yang seperti diterapkan oleh SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yaitu suatu studi empiris dengan cara terjun langsung dilokasi penelitian terhadap fenomena-fenomena yang terjadi. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami kejadian yang dialami oleh subjek penelitian seperti perilaku dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode yaitu pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, proses pembentukan karakter religius siswa melalui internalisasi budaya religious yang diciptakan oleh kegiatan pengkondisian yang diprogramkan dan dilakukan secara berulang-ulang pada setiap aspek kehidupan di sekolah, diantara budaya religious yang ada di metode halaqoh adalah sebagai berikut tahfidz Qur’an, qiroati, shalat dhuhur berjamaah, wirid pagi dan mengimplementasikan hikmah setiap kegiatan halaqoh pada diri siswa. Metode halaqoh disampaikan dengan menggunakan pemahaman, pembiasaan dan keteladanan. Kata Kunci : Karakter Religius, Metode Halaqoh, SDIT Harapan Bunda Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 17 Jun 2016 07:57
Last Modified: 17 Jun 2016 07:57
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item