METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QURAN DI PANTI ASUHAN YATIM PIATU YAYASAN AL AMIN DIPOSOEDARMO KOBER PURWOKERTO

AfriliaPratiwi, 1223301003 (2017) METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QURAN DI PANTI ASUHAN YATIM PIATU YAYASAN AL AMIN DIPOSOEDARMO KOBER PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AFRILIA PRATIWI _METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QURAN DI PANTI ASUHAN YATIM PIATU YAYASAN AL AMIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai suatu keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Metode juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan seseorang dalam melaksanakan progam tahfidz Al Quran (menghafal Al Quran). Yang dimaksud dengan metode pembelajaran tahfidz Al Quran adalah suatu cara yang ditempuh oleh seseorang dalam kegiatan proses menghafalkan Al Quran dengan tepat dan benar agar selalu di ingat dan dapat mengucapkannya dengan fasih diluar kepala tanpa melihat teks Al Quran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana Metode Pembelajaran Tahfidz Al Quran di Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Al Amin DipoSoedarmoKoberPurwokerto? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Penelitian ini bersifat deskriptif-kulitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebenaran yang ada dilapangan. Lokasi yang digunakan adalah Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Al Amin DipoSoedarmoKoberPurwokerto. Adapun alasan dipilihnya lokasi tersebut karena Berdasarkan observasi awal, peneliti melakukan penelitian di Yayasan Panti Asuhan tersebut karena merupakan panti asuhan yang anak asuhnya wajib menghafalkan Al Quran. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah diolah peneliti tentang Metode Pembelajaran Tahfidz Al Quran di Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Al Amin DipoSoedarmoKoberPurwokerto dapat disimpulkan bahwa didalammetode pembelajaran tahfidzAl Quran lebih menekankan pada sisi bagaimana anak mampu mencapai hafalan Al Quran sesuai dengan target yang di tetapkan. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan kerja sama yang baik antara anak panti dengan ustad yang terlibat langsung sehingga dapat berjalan dengan lancar. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Tahfidz Al Quran, di Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Al Amin DipoSoedarmoKoberPurwokerto

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Tahfidz Al Quran, di Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Al Amin DipoSoedarmoKoberPurwokerto
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:00
Last Modified: 10 Aug 2017 03:00
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2553

Actions (login required)

View Item View Item