METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KROYA CILACAP

LIS ROSIHOTUN, NIM.1123301159 (2016) METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KROYA CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LIS ROSIHOTUN_METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI SD ISLAM PLUS MASYITOH KROYA CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Belajar Al-Qur’an merupakan kewajiban utama bagi setiap muslim. Di zaman yang serba maju tekhnologinya sudah tentu sangat susah untuk mengajak peserta didiknya mempelajari Al-Qur’an, mereka lebih suka ngegame daripada belajar. Melihat realitas masyarakat Indonesia, banyak orang berpendidikan, tetapi mereka masih jauh dari akhlak mulia. Oleh karena itu perlu dibenahi salah satunya melalui pembelajaran tahfidz ini. Rasulullah juga mendorong kepada umatnya untuk menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an karena orang yang menghafal akan mendapat posisi yang terhormat baik di dunia maupun di akhirat. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran tahfidz di SD Islam Plus Masyithoh Kroya Cilacap? Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, yaitu Ibu Mariyah Kibtiyah S.Ag. dan guru tahfidz SD Islam Plus Masyithoh Kroya, yaitu Ibu Desti Setya Cahyani dan Bapak Agus Juhjaeni, Ibu Azizah S.Pd., serta para peserta didik di SD Islam Plus Masyithoh Kroya Cilacap. Obyek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran tahfidz di SD Islam Plus Masyithoh Kroya Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, perolehan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penulis, maka dapat diambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran tahfidz di SD Islam Plus Masyithoh Kroya Cilacap, yaitu meliputi metode wahdah, metode kitabah, metode sima’i, metode gabungan, metode jama’, metode ODOA dan metode ODOP, selain itu juga diadakan evaluasi terhadap hafalan peserta didik dan diakhir kelas enam, guru-guru mengadakan khotmil qur’an untuk membuktikan hafalan peserta didik tersebut di hadapan orang tuanya. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Tahfidz

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 17 Jun 2016 07:07
Last Modified: 17 Jun 2016 07:07
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item