PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DARI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MODERN SATU ATAP AL-AZHARY KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Feri Faizal, Romadlon (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DARI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MODERN SATU ATAP AL-AZHARY KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
FERI FAIZAL ROMADLON_PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DARI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan kegiatan belajar mengajar tidak hanya ditentukan oleh guru. Salah satu faktor penunjang suksesnya kegiatan belajar mengajar adalah minat belajar siswa dan motivasi belajar dari orang tua. Untuk menumbuhkan minat belajar siswa perlu adanya kesadaran dari siswa itu sendiri dan dukungan dari lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Dalam kegiatan memotivasi, orang tua hendaknya tidak hanya memenuhi kebutuhan secara materi saja, tetapi juga menumbuhkan semangat dalam belajar pada anak. Dengan adanya minat belajar dan motivasi dari orang tua yang tinggi , maka prestasi belajar siswa akan jauh lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitiannya adalah minat belajar dan motivasi belajar dari orang tua siswa MI Modern Satu Atap Al-Azhary Ajibarang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi siswa kelas V yang berjumlah 43 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan minat belajar dan motivasi belajar dari orang tua siswa kelas V di MI Modern Satu Atap Al-Azhary Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Besar pengaruh tersebut dapat dilihat darinilai R square yang diperoleh yaitu 0,743. Artinya, pengaruh variabel X_1( minat belajar siswa) dan variabel X_2 ( motivasi belajar dari orang tua) terhadap variabel Y (prestasi belajar siswa) adalah sebesar 73,4 %. Dari persamaan regresi juga diperlihatkan besarnya Y = 20,587 + 0,688 X_1 + 0,046 X_2 yang mengandung pengertian bahwa, jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel X_1 dan variabel X_2 atau X_1 = 0 dan X_2 = 0, maka nilai variabel Y adalah sebesar 20,587. Koefisien regresi sebesar 0,688 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena tanda +) satu nilai pada variabel X_1 (minat belajar) akan memberikan kenaikan pada variabel Y (prestasi belajar) sebesar 0,688. Begitu pula dengan koefisien regresi sebesar 0,046 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena tanda +) satu nilai pada variabel X_2 (motivasi belajar dari orang tua) akan memberikan kenaikan pada variabel Y (prestasi belajar) sebesar 0,046.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Motivasi Belajar dari Orang Tua, Prestasi Belajar, Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:22
Last Modified: 26 Jul 2017 03:22
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2503

Actions (login required)

View Item View Item