KOMUNIKASI SUFISTIK DALAM KAJIAN REALISME MAGIS (Telaah Realisme Magis Wendy B. Faris terhadap Kumpulan Cerpen Lukisan Kaligrafi Karya A. Mustofa Bisri)

Wahyu Nurhadi, NIM. 1123102002 (2016) KOMUNIKASI SUFISTIK DALAM KAJIAN REALISME MAGIS (Telaah Realisme Magis Wendy B. Faris terhadap Kumpulan Cerpen Lukisan Kaligrafi Karya A. Mustofa Bisri). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (944kB) | Preview
[img] Text
WAHYU NURHADI_KOMUNIKASI SUFISTIK DALAM KAJIAN REALISME MAGIS (Telaah Realisme Magis Wendy B. Faris terhadap Kumpulan Cerpen Lukisan Kaligrafi Karya A. Mustofa Bisri).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tekanan modernitas yang kian kuat merupakan ancaman terhadap eksistensi kebudayaan serta kemanusiaan. Dampak yang ditimbulkannya menjadikan kehidupan semakin profan dan penuh kekosongan. Hal-hal yang bersifat spiritual merupakan jalan atas permasalahan tersebut. Salah satunya yakni dengan jalan tasawuf/sufisme, sebagai aliran kebaktian dan mistis dalam tradisi Islam, yang juga menjadi sasaran ketegangan modernisasi yang dialami dunia Islam. Berdasar pada latar belakang tersebut, maka peneliti tertarik untuk mengkaji nilai-nilai sufistik yang dikomunikasikan melalui karya sastra berupa kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri. Pokok persoalan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai sufistik dikomunikasikan oleh A. Mustofa Bisri melalui kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi, serta menentukan apakah kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi sebagai karya sastra yang memiliki kadar realisme magis, mengingat genre sastra ini merupakan tren yang paling penting dalam karya sastra kontemporer. Berdasar perumusan masalah tersebut, maka digunakan teori naratif realisme magis yang dikonsep oleh Wendy B. Faris dalam melihat sebuah karya sastra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (library research) dengan sumber primer kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri. Data-data yang telah dianalisis memiliki karakteristik realisme magis kemudian ditentukan kadarnya serta dikaji dalam konteks sosial-budaya untuk melihat gagasan yang dibangun A. Mustofa Bisri dalam cerpen-cerpennya. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi termasuk ke dalam karya sastra yang memiliki kadar realisme magis. Realisme magis kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi merupakan representasi dari magisme agama Islam sebagai wacana dan tradisi sufisme. Elemen-elemen magis yang terdapat dalam beberapa cerpen Lukisan Kaligrafi dapat dilihat sebagai komunikasi sufistik yang disampaikan oleh A. Mustofa Bisri kepada masyarakat (pembaca) melalui karya sastra berupa kumpulan cerpen. Kata Kunci: sufisme, sastra, realisme magis, Gus Mus, Lukisan Kaligrafi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 808 Rhetoric and collections of literature
800 Literature and rhetoric > 809 Literary history and criticism
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 17 Jun 2016 01:39
Last Modified: 17 Jun 2016 01:39
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item View Item